Tuesday, October 4, 2016

LANGIT PERTAMA

Lapisan langit pertama dikuasai oleh Jibril dan merupakan langit yang jaraknya paling dekat ke bumi. Langit ini berisikan angin dan awan. Para malaikat yang berdiam di sini adalah malaikat perbintangan dan penjaga bintang serta benda-benda langit. Selain itu, pada lapisan pertama langit juga terdapat malaikat yang mengurusi es, salju, bunga, dan embun.

LANGIT KEDUA

Langit Kedua dikuasai oleh malaikat Raphael/Israfil dan merupakan tempat gelap dimana para malaikat yang jatuh menunggu penghakiman. Mereka terdiri dari 200 myriad pelayan para malaikat Pengamat, yang dikurung di langit ke lima. Henokh mengatakan malaikat pembimbingku memperlihatkan padaku kegelapan, di sana aku melihat tawanan digantung, diawasi, menunggu penghakiman yang pedih, dan malaikat-malaikat ini berwujud gelap, lebih gelap dari malam di bumi. Mereka selalu meratapi nasib sepanjang waktu. Henokh diberitahu tawanan ini merupakan “Sang Murtad”, yang malaikat yang jatuh yang berpaling dari Tuhan menuruti kehendak pemimpin-pemimpin mereka, yang dirantai di langit ke lima. Para malaikat yang jatuh di lapisan kedua langit meminta Henokh mendoakan mereka.


LANGIT KETIGA

Lapisan langit ketiga berada di bawah perintah malaikat Anahel dan merupakan wilayah dengan keadaan yang berlawanan. Salah satu bagian wilayah langit ini, sebelah utara, merupakan neraka, daratan es dan belerang dihuni oleh malaikat penyiksa yang menghukum para jiwa-jiwa pendosa yang tinggal di langit tersebut. Para pendosa ini termasuk mereka yang menentang Tuhan, dosa melawan alam (sodomi), dan praktik perapalan mantra serta sihir. Sebaliknya, wilayah lain langit ketiga merupakan taman indah dimana manna di buat dan roh-roh orang saleh—merak yang welas asih dan berbuat kebajikan—berdiam. Malaikat pengurus cahaya juga berdiam di lapisan langit ketiga  tersebut.

LANGIT KEEMPAT

Langit Keempat diurus oleh Archangel Michael. Di lapisan ini terdapat kota suci Yerusalem dan Bait Agungnya, semuanya dibuat dari emas dan intan dikelilingi oleh sungai susu, madu, anggur, dan minyak. Pohon kehidupan juga ada di sini begitu juga dengan matahari dan bulan. Di sini, Henokh mendengar kidung para malaikat:  Di tengah langit ini, aku melihat tentara langit mengagungkan Tuhan, dengan tympana dan organ (alat musik), dengan lantunan kidung abadi, dengan suara merdu, yang mustahil digambarkan dan akan mempesona pikiran-pikiran yang mendengarnya. Henokh juga melihat cara kerja bulan, matahari, dan benda-benda langit di langit keempat. Kereta mentari membawa embun dan suhu panas untuk bumi diiringi oleh 8000 bintang dan 150000 malaikat pada siang hari dan 150000 bintang dan 1000 malaikat pada malam hari. Di depan kereta tersebut duduk 100 malaikat berkobar api dengan enam sayap. Keretan ini ditarik oleh banyak Phoenix atau Chalcydri

LANGIT KELIMA 

Langit kelima merupakan penjara bagi malaikat yang jatuh. Disini terdapat jurang api di mana 200 myriad Malaikat Pengamat dibelenggu bersama pemimpin mereka Satanael. Mereka sangat muram, menyedihkan, diam, dan tidak melantunkan pujian apapun kepada Tuhan. Di langit kelima, Henokh melakukan upacara pujian dan kidung mengagungkan Tuhan agar Tuhan meringankan penderitaan mereka. Lantas para Pengamatpun mengikutinya.

LANGIT KEENAM

Langit keenam memiliki tujuh malaikat agung dan cerdas ahli perbintangan, alam, dan umat manusia. mereka merupakan archangel yang mengurus malaikat penjaga siklus dan fungsi alam: musim, kalender, sungai dan laut, musim buah, rumput, dan lain-lain. Archangel ini juga mengurus bahasa langit dan mendamaikan makhluk langit dan bumi. Dilangit ini, juga ada malaikat yang mencatat amal umat manusia sepanjang hidup mereka untuk dipertanggung jawabkan di hadapan ilahi.

LANGIT KETUJUH

Langit ketujuh merupakan tempat yang sangat indah dan diterangi cahaya berlipat ganda. Di sini, Henokh menyaksikan malaikat tingkat tinggi seperti Tahta, Kerubim, Serafim, Ofanim dan Archangel agung. Ia juga melihat pasukan langit berkobar api  tentara para Archangel. Para malaikat ini sujud di hadirat Tuhan, melantunkan kidung pujian. Di sini Henokh melihat kelabat Tuhan di langit kesepuluh. Malaikat pembimbing Henokh meninggalkannya pada perbatasan langit ketujuh sehingga Henokh terjatuh dan merasa ketakutan. Untungnya, Gabriel segera muncul menangkapnya dan membawanya ke lapisan langit selanjutnya.

LANGIT KEDELAPAN DAN KESEMBILAN

Tidak banyak informasi tentang dua lapisan langit ini. Langit kedelapan disebut dengan Miuzaloth. Di sini, Henok melihat “pergantian musim dan dua tanda zodiak”. Langit kesembilan (Kuchavim) merupakan tempat tinggal dua belas zodiak.

LANGIT KESEPULUH

Malaikat Michael mengantarkan Henokh ke langit ke sepuluh, di mana dia menyaksikan wajah Tuhan yang katanya seperti besi berkilay api memancarkan percikan-percikan terang dan terbakar. Dan maka aku menampak wajah Tuhan yang agung, sangat menggentarkan. Akan tak bisa menghitung perintah-perintahnya serta gemuruh suaranya. Tahta Tuhan sangat agung dan besar dan tidak dibuat oleh tangan siapapun bukan oleh pasukan kerubim dan serafim, maupun lantunan kidung mereka. Di langit ini, Tuhan memerintahkan Michael untuk menanggalkan pakaian duniawi Henok dan mengurapinya dengan minyak manis dan memakaikannya pakaian keagungan. Tuhan lalu memanggil malaikat Vrevoil untuk mencurahkan semua pengetahuan langit dan bumi pada Henokh. Ia memberikan kitab dan pena pada Henokh untuk menulis. Vrevoil mengajarkan Henokh rahasia kosmos selama 30 hari 30 malam tanpa henti. Dan selama itu, Henokh menuliskannya dalam 366 kitab. Dia menceritakan penciptaan semesta, Kejatuhan manusia, bahwa dunia akan berakhir pada hari kedelapan penciptaan (setelah 8000 tahun).

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers