Wednesday, August 5, 2015


Konsep malaikat yang jatuh adalah salah satu konsep teologis dalam agama abrahamik, meskipun dalam ada sedikit perbedaan dalam teologi islam. Konsep ini menyatakan bahwa adanya sekelompok malaikat yang tidak mematuhi dan memberontak melawan tuhan sehingga membuat mereka terusir dari surga. Sebenarnya, konsep keyakinan seperti telah muncul dalam sejarah peradaban manusia jauh sebelum periode biblikal. Ada banyak cerita dalam mitologis yang menuturkan bahwa ada dewa yang menentang dewa tertinggi lalu diusir dari surga. Dalam mitologi Yunani contohnya, Promotheus yang menentang Zeus terusir dari alam dewa untuk menjalani siksaan.

Salah satu pertanyaan yang mungkin terus muncul di benak kita adalah darimana konsep malaikat yang jatuh berasal? Konsep ini dapat dikatakan berasal dari teori tentang bagaimana kejahatan bisa muncul di dunia. Konsep mengenai asal mula kejahatan ini telah menghantui para filsuf dan teolog selama beribu tahun lamanya. Dalam corak pemikiran Abrahamik, asal mula kejahatan ini menyebabkan dilema teologis, yaitu jika Tuhan dianggap sebagai yang maha selamanya, lantas bagaimana kejahatan bisa muncul? Kenapa Tuhan tidak menciptakan dunia yang sepenuhnya berisi kebaikan? Apakah kejahatan juga berasal dari Tuhan sementara dia merupakan sumber segala nilai kebajikan dan keagungan? Dari pernyataan dilematis inilah lahir konsep malaikat yang jatuh sebagai pembawa kejahatan ke dalam ciptaan Tuhan sehingga pemahaman mengenai Tuhan sebagai pencipta kejahatan bisa dihindari, namun bukankah malaikat juga merupakan ciptaan Tuhan yang secara tidak langsung akan melibatkan-Nya dalam pengadaan kejahatan tersebut. Untuk memecahkan ini, para teolog menawarkan konsep “free-will” yaitu setipa makhluk Tuhan diberi kehendak bebas termasuk para malaikat.

Setidaknya, terdapat tiga cerita mengenai konsep malaikat yang jatuh dalam tradisi biblikal. Kisah pertama mengisahkan sekelompok malaikat di bawah pimpinan Azazel yang menginginkan wanita anak-anak manuia. Mereka lalu mencemarkan diri mereka dengan mengawini anak-anak manusia dan memperanakkan para raksasa, Nephilim, yang nantinya menyebabkan murka Tuhan. Kisah ini ditemukan dalam Kejadian 6:1-4, namun versi lengkapnya dikisahkan dalam Kitab Henokh. Kisah kedua berkenaan dengan seorang malaikat terang, Lucifer, yang dengan angkuhnya memberontak melawan Tuhan bersama para malaikat pengikutnya tetapi mereka dikalahkan dan diusir dari surga. Kisah ketiga berkenaan dengan seorang malaikat “Satan” dalam kitab Ayub yang melawan Tuhan dengan mencobai Ayub tetapi kisah ini tidak sepenuhnya lengkap.

Berbeda dengan tradisi biblikal, konsep malaikat yang jatuh tidak ditemukan dalam Islam. Teologi Islam mengajarkan malaikat diciptakan tanpa dibekali nafsu sehingga pemikiran pemberontakan malaikat melawan Tuhan tidak berterima dalam keyakinan ini. Untuk menjelaskan asal mula kejahatan, Islam memiliki kisah yang mirip dengan konsep malaikat yang jatuh dalam tradisi Biblikal tetapi dengan tokoh dan alur yang berbeda. Dalam Islam, makhluk yang memberontak melawan Tuhan bukanlah dari golongan malaikat tetapi jin yang sebelum penciptaan Adam telah ditinggikan derajatnya sehingga setara bahkan melebihi malaikat. Sang Jin yang nantinya digelari iblis ini menolak perintah Tuhan untuk sujud kepada Adam karena kesombongan yang membuatnya merasa lebih unggul dari Adam. Sebagai hukuman atas pembangkangan ini, dia diusir dari surga sekaligus menyebabkan Adam dan Hawa terusir dari Surga.
Reactions:

2 comments:

  1. mmg jauh klo loe bic ttg umur bumi 4,5 mliar tahun dr sudut pandang scince. klo dr sudut pandang alkitab bumi lebih muda apapun yg diulas pst lebih muda.
    jgn cri korelasi yg dirangkai sndrilah.
    klo sains, pke sains klo mitologi pke mitologi n klo dr alkitab pke dr alkitab.
    bbrp sudut pandang dr tulisan anda menyesatkan pembaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya tata cara penulisan anda mungkin harus lebih diperbaiki lagi karna menyesatkan untuk yang membaca.
      Dan saya bisa menyimpulkan kalau yang ingin disampaikan penulis adalah latar belakang tentang malaikat jatuh yang dijelaskan dalam beberapa kitab lama maupun kitab agama bukan bermaksud untuk menyesatkan.

      Delete

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers