Monday, July 14, 2014

19.    Saleos

Malaikat yang jatuh dan spirit kesembilan belas. Saleos menjabat sebagai duke yang muncul dengan wujud seorang ksatria gagah menunggangi buaya. Dia menyebabkan terjadinya cinta antara pria dan wanita. Dia memerintah atas 30 legion iblis.
20.    Purson

Malaikat yang jatuh dan spirit kedua puluh. Sebelum kejatuhannya, Purson merupakan anggota malaikat ordo Virtue dan Throne. Di neraka, dia menjabat sebagai raja agung. Dia muncul dengan wujud pria berkepala singa, mengendarai beruang dan membawa ular diiringi oleh para peniup seruling. Purson menyembunyikan dan menunjukkan harta karun; mengetahui masa lali, mas kini, dan masa depan; menyediakan iblis pendamping yang bagus; dan memberikan jawaban yang benar mengenai perkara manusia dan gaib. Dia memerintah atas 22 legion iblis.
21.    Morax

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh satu. Morax adalah earl dan presiden di neraka dan memerintah atas 36 legion iblis. Di muncul dengan wujud seekor lembu. Dia mengajarkan tentang astronomi dan sains liberal. Dia mengetahui seluk-beluk ramuan dan batu mulia. Dia juga bisa memberikan seorang iblis pendamping.
22.    Ipos

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh dua. Ipos adalah earl dan pangeran yang berkuasa atas 36 legion iblis. Dia muncul dengan wujud malaikat berkepala singa, berkaki angsa dan berekor kelinci. Ipos mengetahui masa lalu dan masa depan serta mengajarkan kebijaksanaan dan keberanian. Dia membuat manusia menjadi bijak.
23.    Aim

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh tiga. Di neraka, dia menjabat sebagai duke. Dia muncul dengan wujud dengan tiga kepala. Dia menunggangi seekor ular dan membawa sebuah tongkat berapi. Dia mengajarkan kelicikan dan memberikan jawaban benar jika ditanyai dengan hal-hal rahasia. Dia berkuasa atas 26 legion iblis.
24.    Naberius

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh empat. Naberius menjabat sebagai marquis yang memerintah atas 19 legion iblis. Dia muncul dengan wujud ayam jantan dan mengajarkan keterampilan seni dan sains khususnya, retorika. Dia juga bisa mengembalikan harga diri dan kehormatan.
25.    Glasya Labolas

Malaikat yang jatuh dan spirit kedua puluh lima merupakan presiden di neraka. Dia muncul dengan wujud anjing bersayap. Dia bisa membuat manusia menghilang dan mengetahui masa lalu serta masa depan. Dia merupakan pemimpin dari semua pembunuh dan mengobarkan pertumpahan darah di antara umat manusia. Glasya Labolas berkuasa atas 36 legion iblis.
26.    Bune

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh enam. Dia menjawab sebagai duke dengan wujud naga berkepala tiga, kepala anjing, gryphon, dan manusia. Dia menggantikan tempat orang-orang mati dan menyebabkan ruh-ruh manusia bersebaran di tengah penduduk. Dia bisa memberikan kekayaan kepada manusia serta membuatnya bijak dan pandai berbicara. Dia berkuasa atas 30 legion iblis.
27.    Ronove

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh tujuh. Ronobe adalah earl dan marquis yang muncul dengan wujud monster. Dia mengajarkan retorika dan seni termasuk pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Dia berkuasa atas 19 legion iblis.
28.    Berith

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh delapan. Dia adalah duke dan juga dikenal dengan nama Beale atau Beal, Bofry atau Bolfry. Dia muncul dengan wuujud sesosok ksatria berbaju merah mengendarai kuda merah dengan mahkota emas di kepalanya. Dia memberikan jawaban yang benar mengenai perkara masa lalu, masa kini, dan masa depan. Dia berkuasa atas 26 legion iblis.
29.    Astaroth

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua puluh sembilan. Astaroth berasal dari dewi kesuburan bangsa Funisia Astarte. Dalam hikayat Yahudi, sebelum kejatuhannya dia merupakan malaikat berkedudukan tinggi, serafim, prince, atau throne. Dia merupakan  duke utama dan bendara neraka yang berkuasa atas 40 legion iblis. Bersama dengan Beelzebub dan Lucifer, Astaroth merupakan salah satu dari tiga kepala iblis. Dia muncul dengan wujud sesosok malaikat rupawan mengendarai naga dengan ular ditangannya. Dia memiliki nafas busuk. Astaroth mengajarkan semua ilmu sains dan merupakan penjaga rahasia masa lalu, masa kini, dan masa datang.
30.    Forneus

Malaikat yang jatuh dan spirit ke tiga puluh. Forneus merupakan marquis di neraka yang muncul dengan wujud sesosok monster laut. Dia mengajarkan retorika, seni, dan bahasa. Dia menyebabkan orang-orang dikasihi oleh musuhnya. Sebelum kejatuhannya, Forneus merupakan anggota malaikat Throne. Dia berkuasa atas 29 legion iblis.
31.    Forcas

Malaikat yang jatuh dan spirit ke tiga puluh satu. Forcas menjabat sebagai presiden neraka yang berkuasa atas 29 legion iblis. Dia muncul dengan wujud sesosok pria gagah atau ksatria. Dia mengajarkan logika, etika, dan ilmu ramuan serta batu mulia. Dia bisa membuat orang menghilang, menemukan harta karun tersembunyi dan barang yang hilang serta menganugerahkan kebijaksanaan, kefasihan berbicara dan umur panjang.
32.    Asmodeus

Iblis penguasa nafsu birahi dan spirit ke tiga puluh dua. Pekerjaan utama Asmodues adalah untuk mencegah terjadinya hubungan intim antara suami dan istri, menghancurkan bahtera perkawinan, dan menggoda para pasangan suami istri untuk berselingkuh serta berzina. Dia sering digambarkan dalam wujud makhluk berkepala tiga menyerupai ogre, kambing jantan, dan banteng yang tiga-tiganya merupakan makhluk yang terkenal akan keganasan birahi mereka, dengan kaki seperti ayam memiliki sayap dan ekor seperti ular.
33.    Gaap

Malaikat yang jatuh dan spirit ke tiga puluh tiga. Sebelum kejatuhannya Gaap merupakan anggota malaikat Power. Dia merupakan presiden dan pangeran tertinggi neraka berkuasa ata 66 legion iblis. Dia muncul pada saat matahari berada di titik balik selatan dengan wujud manusia bersayap kelelawar. Gaap mengajarkan sains liberal, dan filosofis; mengobarkan cinta dan kebencian; membuat manusia kehilangan nuraninya; memberi jawaban benar mengenai masa lalu, masa kini, dan masa depan.
34.    Furfur

Malaikat yang jatuh dan spirit ke tiga puluh empat. Furfur menjabat sebagai earl memimpin 26 legion iblis. Dia muncul dengan wujud kijang jantan berekor api. Furfur menyebabkan cinta antara suami dan istri. Dia akan memberikan jawaban yang benara tentang rahasia dan hal-hal gaib. Dia bisa mendatangkan guntur, kilat, dan angin topan.
35.    Marchosias
Malaikat yang jatuh dan spirit ke tiga puluh lima. Dia adalah marquis memimpin 30 legion iblis. Dia muncul dengan wujud serigala betina bersayap grifin dan berekor ular dengan api menyembur di mulutnya. Dia merupakan petarung yang tangguh. Dia menjawab semua pertanyaan dengan benar. Sebelum kejatuhannya, Marchosias termasuk anggota malaikat dominion.
36.    Solas

Malaikat yang jatuh dan spirit ke tiga puluh enam. Solas merupakan pangeran neraka yang muncul dengan wujud seekor burung hantu atau gagak kemudian manusia. Dia mengajarkn astronomi, dan ilmu ramuan termasuk ilmu meramal dengan tumbuhan serta kegunaan batu mulia. Dia berkuasa atas 26 legion iblis.

Bersambung ke part 3


Sunday, July 13, 2014

1.    Bael

Bael merupakan dewa kesuburan dan pertanian bangsa Kanaan yang dalam tradisi Yudeo-Kristen berubah menjadi malaikat yang jatuh serta iblis. Menurut Zohar, Bael memiliki derajat yang sama dengan Raphael sebelum dia jatuh. Bael merupakan ruh gaib pertama dari 72 ruh gaib yang ditaklukkan Sulaiman. Dia adalah raja yang menguasai wilayah timur dan memerintah atas 66 legion iblis. Dia berwujud kucing, terkadang kodok, terkadang manusia. Dia berbicara kasar serta menyingkapkan hal-hal gaib dan kebijaksanaan.
2.    Agares

Malaikat yang jatuh dan spirit kedua Sulaiman. Sebelum kejatuhannya, Agares merupkan anggota malaikat kebajikan (virtue). Di neraka dia adalah duke tertitinggi berkuasa diwilayah timur dan atas 31 legion iblis. Dia muncul dalam wujud lelaki tampan mengendarai buaya. Dia mengajarkan bahasa-bahasa, menyebabkan gempa bumi dan merusak martabat iman.
3.    Vassago 

Malaikat yang jatuh dan spirit ketiga. Vassago adalah pangeran neraka yang memiliki sifat yang sama dengan Agares. Dia mengetahui masa lalu, masa kini, dan masa depan. Dia menemukan apa-apa yang telah hilang atau tersembunyi. Dia sering dipanggil dalam ritual peramalan.
4.    Gusion

Malaikat yang jatuh dan spirit keempat. Di neraka, Gusion menjabat sebagai duke yang muncul dalam wujud xenophilus (manusia berkepala anjing). Dia mengetahui masa lalu, masa kini, masa depan; menjawab semua pertanyaan; menghadiahkan kehormatan dan harga diri; dan mendamaikan permusuhan. Dia berkuasa atas 40 legion iblis.
5.    Marbas

Malaikat yang jatuh dan spirit kelima dari 72 spirit Sulaiman. Marbas adalah presiden di Neraka yang berkuasa atas 36 legion pasukan iblis. Dia muncul dalam wujud singa kemudia berubah menjadi manusia. Dia mengetahui hal-hal rahasia dan yang tersembunyi. Dia mengajarkan kebijaksanaan dan pengetahuan serta keahlian mekanik. Dia bisa merubah manusia ke dalam berbagai wujud.
6.    Valefor

Malaikat yang jatuh dan spirit keenam dari 72 spirit Sulaiman. Valefor adalah duke (adipati) yang berkuasa atas sepuluh legion pasukan iblis. Dia muncul dengan wujud singa banyak kepala atau wujud singa dengan kepala manusia. Dia menggoda manusia untuk melakukan pencurian dan membuat mereka berada di tiang gantungan.
7.    Amon

Malaikat yang jatuh dan spirit ketujuh yang dikendalikan Sulaiman. Di neraka, Amon merupakan marquis yang kuat dan perkasa. Dia muncul dengan wujud serigala, namun atas perintah tukang sihir dia bisa berubah wujud menjadi sesosok manusia dengan kepala gagak dan gigi anjing. Dia memberitahu dengan benar tentang masa lalu dan masa depan. Dia membuat pria wanita saling jatuh cinta. Dia menciptakan permusuhan antara sahabat dan musuh serta memerintah atas 40 legion iblis.
8.    Barbatos

Malaikat yang jatuh dan spirit kedelapan dari 72 spirit Sulaiman. Sebelumya merupakan anggotaka dari malaikat kebajikan (Virtues). Barbatos menjabat sebagai Count agung, earl, dan duke di neraka, dimana dia memerintah atas 30 legion iblis. Ketika matahari berada dalam gugusan bintang Sagitarius, dia muncul dengan empat sosok raja dan tiga rombongan pasukan. Dia memahami bahasa semua binatang, khususnya kicauan burung, gonggongan anjing, dan lenguhan sapi. Barbatos memiliki kemampuan mengungkapkan harta karun yang tersembunyi dan bisa mendamaikan teman yang bermusuhan serta orang-orang yang berkuasa. Dia mengajarkan ilmu sains dan mengetahui semua di masa lalu dan masa depan.
9.    Paimon

Malaikat yang jatuh dan spirit kesembilan. Sebelum kejatuhannya, Paimon termasuk kedalam anggota malaikat domination. Dia menyombongkan diri karena pengetahuannya dan ikut jatuh bersama Lucifer. Di neraka dia memerintah sebagai raja dan memiliki 200 legion iblis di bawah perintahnya. Dia muncul dengan wujud seorang pria bermahkota duduk di atas seekor unta diiringi oleh para musisi dengan seruling, cymbal,dan alat musik lainya. Dia mengajarkan semua keterampilan, sains, dan rahais-rahasia; menggoda manusia untuk mendatangi tukang sihir. Dia akan memberikan jawaban atas semua pertanyaan. Dia bertugas mengawasi wilayah barat laut.
10.    Buer

Malaikat yang jatuh dan spirit kesepuluh. Buer adalah presiden di neraka, dimana dia berkuasa atas lebih dari 50 legion iblis. Dia muncul ketika matahari berada dalam gugusan Sagitarius. Dia mengajarkan moralitas, filsafat alam, keterampilan logika, manfaat semua tanaman-tanaman obat. Buer menyembuhkan semua penyakit pada binatang dan bisa memberikan iblis pendampig yang bagus.
11.    Samigina

Merupakan spirit kesebelas dari 72 spirit yang dikendalikan Sulaiman. Dia muncul dengan wujud kuda kecil atau keledai kemudian berubah menjadi wujud manusia atas perintah tuannya. Dia berkuasa atas 30 legion laskar iblis. Dia mengajarkan semua ilmu pengetahuan liberal, dan mengurusi jiwa-jiwa orang yang mati dalam keadaan berdosa.
12.    Sitri

Malaikat yang jatuh dan spirit ke dua belas. Sitri menjabat sebagai pangeran tertinggi yang meuncul dengan wujud berwajah macan dengan sayap griffin kemudian berubah menjadi sesosok pria yang rupawan. Dia menyala bara nafsu diantara pasangan yang dimabuk cinta serta menanggalkan pakaian mereka. Dia berkuasa atas 60 legion iblis.
13.    Beleth

Malaikat yang jatuh dan spirit ke tiga belas. Di neraka, Beleth adalah raja agung yang memerintah atas 85 legion iblis. Dulu, dia merupakan anggota malaikat power. Beleth muncul dengan menunggang kuda putih diiringi oleh pemusik yang memainkan seruling serta alat musik lainnya.
14.    Lerajie

Malaikat yang jatuh dan spirit keempat belas. Lerajie menjabat sebagai marquis dan muncul dengan wujud sesosok pemanah berbaju hijau membawa busur dan tabung anak panah. Dia menimbulkn peperangan dan menyembuhkan luka karena panah. Dia berkuasa atas 30 legion iblis.
15.    Eligor

Malaikat yang jatuh dan spirit ke lima belas. Eligor menjabat sebagai duke yang muncul sebagai sesosok ksatria perkasa membawa tombak, ular, dan panji-panji. Dia menemukan benda-benda yang tersembunyi, menyalakan api cinta dan nafsu, dan  memperoleh pemujaan dari para petinggi dan raja. Dia memimpin para tentara dan menyebabkan peperangan. Dia memiliki 60 legion iblis di bawah kendalinya.
16.    Zepar

Malaikat yang jatuh dan spirit keenam belas. Zepar menjabat sebagai duke yang muncul dengan sosok memakai baju merah dan bersenjata layaknya prajurit. Dia membuat wanita mencintai pria dan bisa merubah wujud mereka hingga mereka selesai menikmati cinta mereka. Dia juga membuat wanita mandul. Dia berkuasa atas 26 legion iblis di neraka.
17.    Botis

Malaikat yang jatuh dan spirit ketujuh belas. Sebagai presiden dan earl di neraka, Botis berkuasa atas 60 legion iblis. Dia muncul dengan wujud ular tapi akan berubah wujud menjadi sosok pria bertanduk. Dia membawa sebuah pedang panjang. Dia mengetahui masa lalu, masa kini, dan masa depan, dan mendamaikan permusuhan.
18.    Bathin

Malaikat yang jatuh dan spirit ke delapan belas. Bathin adalah duke agung di neraka dengan 30 legion iblis di bawah perintahnya. Dia muncul dengan wujud pria berekor ular menunggangi kuda putih. Dia mengetahui ilmu tentang ramuan-ramuan dan batu mulia. Dia bisa memindahkan seseorang dari satu negeri ke negeri lain dengan cepat.

Saturday, July 12, 2014

Satanisme merupakan sebuah bentuk pemujaan terhadap setan, iblis, atau kekuatan-kekuatan kegelapan. Satanisme tidak terbentuk sebagai sebuah organisasi atau gerakan yang menyatu dan tunggal. Beberapa bentuk aliran memang merupakan sebuah bentuk sekte keagamaan yang melibatkan penyembahan terhadap setan, akan tetapi beberapa lagi hanya merupakan praktik magic, pemikiran filosofis, serta gaya hidup. Semenjak awal abad ketujuhbelas, Gereja Katolik mengutuk para pendeta yang menggunakan kekuatan gaib dari Misa Suci untuk tujuan kejahatan, ini merubah sebuah kebijakan yang bisa dianggap sebagai pencetus muncul anggapan mengenai satanisme.

Anggapan satanisme sebagai pemujaan terhadap iblis berkembang pesat selama masa inkuisisi, ketika para pemburu penyihir dan demologis menyebarkan anggapan bahwa para penyihir memuja Iblis dan membuat perjanjian dengannya untuk menciptakan kerusakan serta malapetaka di dunia. Para musuh Gereja, seperti Ordo Ksatria Templar dan sekte yang tidak sepaham dengan gereja, dijatuhi tuduhan sebagai pemuja iblis, praktik sihir, serta bid’at atau sesat. Banyak dari mereka yang tertuduh mengaku dibawah pengaruh siksaan yang sangat keras.
Bentuk awal satanisme tidaklah diketahui kapan pasti kemunculannya. Terdapat sedikit bukti yang menunjukkan bahwa kegiatan pemujaan terhadap iblis telah ada sebelum abad ketujuh belas, ketika kala itu tren Misa Hitam (Black Mass) diminati oleh masyarakat. Black Mass yang paling terkenal bertempat di Perancis semasa pemerintahan Louis XIV. Ritual misa Hitam yang   diadakan oleh selir raja itu, Madame de Montespan, dipimpin salah seorang Okultis bernama La Voisin dan seorang seorang pendeta Libertine berusia 67 tahun, Abbe Guiborg.

Tidak ada bukti kuat menunjukkan kegiatan satanisme pada abad ke delapan belas. Di Inggris, Hell-Fireclub, sebuah perkumpulan didirikan oleh Sir Francis Dashwood (1708-1781) sering dianggap sebagai praktik satanik, akan tetapi perkumpulan itu hanyalah sebuah perkumpulan untuk para pemuda yang ingin memuaskan nafsunya dengan minum-minuman, berhubungan seks dengan wanita yang berperan sebagai biarawati dan melakukan perbuatan-perbuatan kotor lainnya. Perkumpulan yang mereka sebut dengan Medmenham Monk mengadakan pertemuan secara rutin di rumah Dashwood selama kurun waktu  1750 hingga 1762. Dikatakan mereka mengadakan Black Mass, akan tetapi diragukan kalau Black Mass yang mereka adakan sebuah ritual satanik sungguhan. Grup yang sama adalah perkumpulan Brimstone Boy dan Blue Blazer of Ireland.

Salah seorang satanis yang terkenal pada abad ke-19 adalah Abbe Boullan dari Perancis, yang menjadi kepala Gereja Carmel, Gereja yang mempraktikkan ilmu hitam dan ritual pengorbanan bayi dalam misanya. Gereje Carmel didirikan oleh Eugene Vintras, seorang pensiunan pekerja pabrik kartu di Tilly-sur-Seule. Tahun 1839, Vintras mengatakan dia menerima surat dari Archangel Michael disertai dengan penglihatan archangel, Ruh Kudus, St Joseph dan Perawan Maria. Dia diberitahu bahwa dia merupakan reinkarnasi dari nabi Elia, dan dia akan mendirikan sebuah ordo keagamaan baru serta menyatakan datangnya era pemerintahan Ruh Kudus. Dia juga diberiatahu bahwa raja perancis yang sebenarnya adalah seorang pria yang bernama Charles Naundorf.

 Vintras berkeliling di kampung-kampung menyebarkan ajaran barunya dan mendapatkan para pengikut di antaranya termasuk para pendeta. Perayaan Misa diikuti dengan ritual persembahan Piala Kosong berisi darah dan noda darah pada Eukaristi. Menjelang tahun 1848, gerakan ini diketahui dan mendapat kutukan dari Paus. Tahun 1851, dikatakan oleh mantan pengikutnya bahwa Vintras mengadakan Black Mass (Misa Hitam) dengan telanjang, praktek homoseksual, dan masturbasi bersama ketika mereka memanjatkan pujian di altar.


Tak lama sebelum kematiannya tahun 1875, Vintras berteman dengan Boullan yang mendirikan perkumpulan pecahan dari Gereja Karmel setelah kematian Vintras. Dia memimpin perkumpulan itu selama 18 tahun hingga kematiannya, meskipun dia tetap mempertahankan praktik-praktik kesalehan, tapi secara diam-diam dia tetap mengadakan ritual satanik. Boullan terobsesi dengan satanisme dan kejahatan semenjak dia berusia 29 tahun, ketika dia menjadikan seorang biarawati Adele Chevalier sebagai kekasih gelapnya. Chevalier meninggalkan biara dengan melahirkan dua orang anak haram, dan bersama dengan Boullan dia mendirikan Perkumpulan Perbaikan Jiwa. Boullan memiliki spesialisasi mengusir iblis dari tubuh orang kerasukan dengan cara yang tidak biasa, seperti memberi makan korban kerasukan makanan yang merupakan campuran dari kotoran manusia dan Eukaristi. Dia juga mengadakan Black Mass. Pada 8 Januari, 1860, dia dan Chevalier dilaporkan mengadakan Black Mass dengan mengorbankan salah satu putera mereka.

Menjelang pertemuannya dengan Vintras, Boullan menyatakan dirinya sebagai reinkarnasi dari St. Yohanes Pembaptis. Dia mengajarkan para pengikutnya teknik-teknik hubungan seksual serta mengatakan bahwa dosa asal Adam dan Hawa dapat ditebus melalui hubunga seks dengan incubi maupun succubi. Dia dan para pengikutnya juga dikatakan melakukan hubungan seks dengan ruh-ruh orang yang telah mati di antaranya dengan Kaisar Antonius yang Agung. Perkumpulan Boullan disusupi oleh dua Rosicrusian (orang yang mempelajari metafisika, mistis, dan alkemis), Oswald Wirth dan Stanislas de Guaita, yang menulis sebuah laporan tentang perkumpulan itu yang berjudul Kuil Setan. Dikatakan bahwa Boullan dan de Guaita terlibat dalam perang sihir. Boullan dan temannya, novelis J.K Huysmans, mengatakan dia diserang oleh iblis. Ketika Boullan jatuh sakit dan meninggal karena sakit jantung pada 3 Januari 1893, Huysmans meyakini itu karena ulah mantra sihir jahat dari de Guaita. Dalam novelnya, La-bas (Dibawah Sana), Huysman memasukkan cerita Black Mass, yang menurutnya berdasarkan apa yang dilihatnya pada salah satu grup satanis di Paris, pada penghujung abad 19. Dia mengatakan bahwa misa itu dibaca dengan terbalik, salib dipasang terbaling, Eukaristi dinajiskan dan ritual diakhiri dengan pesta seks.

Pada awal abad ke-20, Alester Crowley dipercaya terlibat dalam satanisme. Meskipun dia menyebut dirinya “Sang Monster”; menggunakan kata Hidup, Kasih, dan Terang sebagai setan; dan pernah membaptis serta menyalib seekor kodok sebagai Yesus, dia bukanlah satanis tetapi seorang magician dan okultis.

Pergerakan satanisme modern bermula pada tahun 1960an, di Amerika Serikat, di bawah pimpinan Anton Szandor Lavey, sesosok pria pintar, cerdikdan kharisma. Tahun 1966, Lavey mendirikan Gereja Setan di San Fransisco. Terlahir 11 April 1930 di Chicago, Lavey menyatakan nenek moyangnya adalah bangsa Alsatia, Georgia, Romania termsuk nenek gypsinya dari Transylvania. Di masa kanak-kanak, dia belajar musik dan tertarik dengan Okult. Dia menikah dengan istri pertamanya Carole, tahun 1951; mereka dianugerahi satu anak, Karla. Dia mulai mengadakan kelas Okultisme setelah dia berhenti bekerja sebagai fotografer kepolisian San Fransisco. Dari kelas-kelas ini terbentuk lingkaran Magic, yang berkumpul untuk mengadakan ritual yang disusun Lavey atau ditemukan dalam sumber-sumber sejarah Knight Templar, Hell-Fire Club, Ordo Hermetic dan Aleister Crowley.


Lavey bercerai dengan Carole tahun 1960 dan menikahi Diane, 17 tahun, yang bekerja sebagai pelayan pada pertemuan Okultisnya. Mereka mempunyai seorang puteri, Zeena. Dari tahun 1960-1966, Lavey mengembangkan filsafat satanisnya. Dia beranggapan bahwa Iblis sebagai kekuatan kegelapan tersembunyi di alam mengatur kehidupan bumi. Sifat alami manusia adalah, nafsu, kesombongan, hedonime, dan keteguhan, sifat-sifat yang membawa mereka menuju kemajuan peradaban. Kehendak raga tidaklah mesti ditolak tetapi dinikmati. Orang-orang yang menghalangi seseorang mencapai apa yang dia inginkan haruslah dikutuk.

Pada Walpurgisnacht (30 April) 1966, Lavey mencukur kepalanya dan mengumumkan pendirian Gereja Setan. Dia menggunakan wanita telanjang sebagai altar. Istrinya Diane menjadi pendeta agungnya. Dia membaptis Zeena. Sementara puterinya, Karla, memberkan ceramah dan kuliah satanisme di kampus-kampus. Lavey mengajarkan antiestablishmentarinism, pemuasan nafsu, segala bentuk kesenangan dan dendam. Musuh harus dibenci dan dimusnahkan. Seks diagungkan. Dia tidak memasukkan Black Mass dalam ritualnya karena menurutnya ketinggalan jaman. Gereja setan diatur berbentuk gua-gua kecil. Pentagram terbalik dengan kepala kambing, Baphomet, dipilih sebagai simbol. Lavey menggunakan Enochian sebagai bahas magis untuk ritualnya.


Tuesday, July 8, 2014


Isara

Dewi pernikahan dan kelahiran bangsa Babilonia-Akkadia dan semitik barat. Juga merupakan dewi yang berhubugan dengan pemaksaan sumpah. Kultu pemujaannya di Mesopotamia berpusat di  kota Kisura, tapi dia juga dipujan di Syria, Kanaan, dan Hititi. Lambangnya adalah kalajengking.

Iskur

Dewa hujan, petir, dan para gembala. Iskur digambarkan sebagai saudara dari dewa matahri Utu. Dalam mitologi penciptaan, dia diberi tugas memerintah angin oleh Dewa Enki. Dia dilukiskan sebagai seorang ksatria mengendari langit dengan keretanya menebarkan tetes hujan dan butir-butir salju. Dalam sebuah teks, dia disebut sebagi putera An dan saudara kembar Enki. Dia sebanding dengan Ninurta yang dulunya merupakan dewa petani. Bangsa Hititi mengadopsinya menjadi dewa badai.

Lillith

Dewi ketandusan bangsa Mesopotami, Summeria. Dia digambarkan sebagai sosok iblis yang dalam legenda Gilgames dan pohon Huluppu menghuni Pohon suci Inana di tepi sungai Eufrat di Unug. Saat Gilgames menyerang Lilith dia melarikan diri ke padang gurun tandus.

Nebo

Dewa aksara dan pengetahuan bangsa Babilonia-Akkadia merupakan putera Marduk dan Zatpanitum dan pasangan dari Tasmetum. Dia digambarkan memegang sebuah pena buku. Dia dianggap sebafgai dewa wilayah pegunungan. Kultus pemujaanya berpusat di Bor-sippa, dekat Babiblob, dikenal dengan Ezida.

Nammu

Nammu dikenal sebagai dewi air dalam. Sebagai pasangan dari An, dia merupakan ibu dari Enki. Dia juga melahirkan banyak-banyak dewa-dewa lainya dan dalam sebuah puisi disebut sebagai ibu semua makhluk fana. Dia mencetak tanah liat membuatnya menjadi makhluk bernama sig-en-sig-du lalu menghidupkan mereka, oleh karena itulah dia menciptakan umat manusia.

Nanna

Dewa bulan dalam pantheon Sumeria yang merupakan dewa pelindung kota Ur. Dia adalah putera pertama dari Enlil. Istrinya bernama Ningal dan anak-anaknya, Utu dan Iskur. Selama dinasti ketiga Ur, festival tahun baru, Akitu, diadakan sebagai upacara untuk menghormati dewa ini. Dia dianggap bertugas menerangi malam, menetapkan ukuran waktu dan memberikan kesuburan.


Marduk

Marduk (ejaan Sumeria dari bahasa Akkadia: "sapi Matahari"; Alkitab: Merodakh) adalah nama bahasa Babilonia untuk dewa dari Mesopotamia kuno dan dewa pelindung kota Babilonia. Ketika Babilonia menjadi pusat politik di lembah sungai Efrat pada masa pemerintahan Hammurabi (abad ke-18 SM), ia mulai menjadi dewa utama Babilonia. Dia juga merupakan dewa tertinggi dalam jajaran pantheon dewa-dewi Babilonia. Orang tuanya adalah dewa Ea dan Dewi Damgalnun. Dia berpasangan dengan dewi Zarpan-Itum yang pernikahan mereka diperingati setiap tahun pada perayaan tahun baru. Dalam mitologi penciptaan, dia bertarung melawab Tiamat dan membunuhnya serta membagi dua tubuhny untuk menciptakan langit dan bumi. Simbol Marduk adalah Mar, peralatan pertanian bangsa Babilonia yang berbentuk segitiga.  Festival utama untuk Marduk adalah Akitu yang diperingati setiap tahun baru, perayaan ini terus berlanjut hingga tahun 200 SM. Kuil suci Marduk di Babilonia adalah Esagila dan E-temen anki ziggurat.

Inanna

Inanna dapat dianggap sebagai dewa perempuan paling menonjol di Mesopotamia kuno. Pada awal periode Uruk (ca. 4000-3100 SM), Inanna dikaitkan dengan kota Uruk. Yang terkenal Uruk Vase (ditemukan dalam deposit objek kultus periode Uruk III) menggambarkan deretan laki-laki telanjang membawa berbagai benda, mangkuk, kapal, dan keranjang dari produk pertanian, dan membawa domba dan kambing, untuk menghadap sosok perempuan penguasa. Angka ini berdesain berpakaian untuk pernikahan dewa, dan dihadiri oleh seorang hamba. Sosok perempuan memegang simbol dua buluh kusen pintu, menandakan Inanna dibelakangnya, sementara sosok laki-laki memegang kotak dan tumpukan mangkuk, kemudian tanda runcing menandakan En, atau imam tinggi candi. Terutama pada periode Uruk, simbol dari kusen pintu cincin berkepala dikaitkan dengan Inanna.

Ereshkigal

Ereshkigal, yang menurut kepercayaan Bangsa Sumeria merupakan dewa perempuan yang menguasai maut dan bertahta di Bawah Tanah. Suami Ereshkigal ,Gugalanna , tewas tanpa setahu Ereshkigal dan Inanna (adiknya) pergi ke dunia Bawah Tanah untuk memberikan penghormatan dia untuk adiknya. Ereshkigal takut bahwa Inanna sebenarnya datang untuk mengambil alih Bawah Tanah hingga akhirnya Inanna sampai di pintu gerbang Bawah Tanah, Ereshkigal menyerang adiknya dan menggantung tubuhnya di belakang singgasananya.
Mitos lain dari Ereshkigal bercerita tentang bagaimana dia memiliki suami kedua, Nergal, Dewa perang dan wabah. Nergal pertama kali dikirim ke Bawah Tanah dengan pesan dari para dewa lain untuk Ereshkigal. Dia begitu terkesan bahwa ia mengajukan petisi kepada Tuhan untuk membiarkan dia mengunjungi kedua kalinya, dan Tuhan mengijinkan dengan peringatan untuk tidak makan atau minum apa pun di Bawah Tanah dan untuk tidak terlalu dekat dengan Ereshkigal.
Namun, Ereshkigal tergoda Nergal dan mereka tinggal di tempat tidur selama tujuh hari. Nergal kemudian meninggalkan Bawah Tanah dan kembali ke langit. Ereshkigal Patah hati mengancam akan membangkitkan orang-orang mati sampai mereka kalah jumlah hidup, jika para Dewa lain tidak akan mengirim kembali Nergal untuk ke Bawah Tanah dan lalu menikahinya.
Ereshkigal menggambarkan sifat dasar kaum wanita, yang pada dasarnya bersifat serakah dan bodoh. Digambarkan jelas bahwa Ereshkigal adalah seorang wanita yang gila kekuasaan, kejam (bahkan tega membunuh adik kandungnya karena keegoisannya), dan akal pikirannya selalu terkalahkan oleh nafsunya.

Enten

Dewa kesuburan bangsa Sumeria. Dia diciptakan oleh Enlil sebagai dewa pelindung para petani bersama dengan dewa Emes. Enten diberi tugas khusus menjaga domba, kambing, sapi. Keledai, burung, dan binatang-binatang lainnya. Dia dikenal dengan kelimpahan bumi dan periode-periode musim dingin.

Erra
Erra dewa perang Mesopotamia dikenal sebagai pemimpin perang dalam Epos Erra, berasal dari tahun 1000 SM. Dia juga merupakan dewa penyeranganga, huru-hara dan kegersangan bumi. Kultus pemujaannya berpusat di kuil Emeslam di kota Kutha. Pada era Babilonia, dia dikenal sebagai dengan wabah.




Adad

Adad merupakan dewa cuaca dalam kepercayaan bangsa Sumeria Kuno. Dia merupakan putera dari dewa langit Anu. Dia digambarkan sebagai sosok pemurah yang telah menumbuhkan kehidupan di ladang tapi juga sebagai dewa kejam dengan angin badainya. Dalam aksara Akkadia namanya berarti angin. Dia digambarkan dengan sosok sesorang memakai mahkota tanduk dan jubag dengan gambar-gambar langit. Dia juga membawa sebuah tongkat dengan kepala macan di bagian ujungnya.

Apsu

Abzu juga disebut engur, harfiah, ab = 'laut' zu = 'tahu' atau 'dalam' adalah nama Dewa untuk air tawar dari air bawah tanah dalam mitologi Mesopotamia, Sumeria dan Akkadia. Danau, mata air, sungai, sumur, dan sumber air tawar dianggap mengambil air dari Abzu. Dalam epos penciptaan Babilonia, Enuma Elish, Apsu dibunuh oleh Ea ketika dia sedang tidur di kediamannya di air dalam. Kematian Apsu memicu terjadinya pertarungan kosmik antara Tiamat dan Marduk.

Asnan

Asnan adalah dewi tumbuh-tumbuhan bangsa Mesopotamia, Sumeria dan Babilonia, yang kemungkinan berasal dari sekitaran tahun 3500 SM. Dia berkaitan dengan kelimpahan panen gandum di ladang-ladang, diutus sebagai dewi pelindung oleh dewa Enlil dan Enki. Menurut tradisi penciptaan, dia dan dewa peternakan Lahar pertama kali ditugaskan untuk melayani kebutuhan para Annunaki, putera-putera langit AN, dalam wujudnya dia digambarkan dengan buah jagung tumbuh di bahunya.

Dumuzi

Dumuzi adalah dewa Mesopotamia, Sumeria dan Babilonia, pelindung kota para dewa, Bad-tibira yang terletak di antara Lagas dan Uruk wilayah bagian selatan Mesopotamia. Dumuzi berkaitan erat dengan pergantian musim. Dia diperintahkan oleh Inana atas titah dewi Ereskigal untuk masuk ke dunia bawah secara berkala setiap tahunnya yang menyebabkan terjadinya perubahan musim hujan yang subur menjasi musim kemarau yang gersang. Para pemujanya kebanyakan berasal dari kaum wanita namun kultusnya tetap berjalan hingga periode Alkitab yang dirujuk sebagai para wanita yang menangisi Tammuz. Dipercayai bahwa cerita mengenai Dumuzi mempengaruhi tradisi pemujaan terhadap Adonis.

Enbilulu

Dewa sungai bangsa Sumeria dan Babilonia-Akkadia. Dalam mitlogi penciptaan, dia ditugaskan untuk menjaga sungai suci Tigris dan Eufrat oleh dewa Enki. Dia juga merupakan dewa kanal, irigasi, dan pertanian. Pada era Babilonia, dia dipercayai sebagai putera Ea dan dihubungan dengan Adad.

Tiamat

Tiamat adalah naga raksasa dalam mitologi Mesopotamia, Babilonia Dan Sumeria, mewakili Chaos dan menghuni laut air asin. Dalam persatuan dengan Apsu, air tawar (atau air manis), ia menjadi ibu dari para dewa, dan keberadaan semesta. Menurut puisi epik Enuma elish, yang diperkirakan berasal dri tahun 1900 SM, para dewa keturunan Tiamat dan Apsu menjadi menjengkelkan, sehingga Tiamat mengusulkan untuk membunuh anak mereka sendiri. Ea menemukan rencana ini dan membunuh Apsu saat ia sedang tidur. Tiamat mengambil suami baru, anaknya Kingu, dan menciptakan pasukan monster untuk membalas kematian Apsu. Marduk memimpin para dewa melawan pasangan baru itu dan mengalahkan Tiamat, memotong tubuhnya menjadi dua. Dari bagian atas, Marduk menciptakan langit, dan dari bagian bawah, bumi. Dari darah Kingu itu, Marduk menciptakan manusia pertama.

Ishtar

Ishtar adalah dewi kesuburan, cinta, perang, dan hubungan seksual. Dalam susunan pantheon dewa-dewi Babilonia, ia adalah "dewi perwujudan planet Venus". Ishtar terutama dihubungkan dengan seksualitas sebagai wujud kesuburan: upacara untuk pemujaan Ishtar melibatkan tindakan pelacuran religius; kota suci baginya adalah kota Uruk yang dijuluki sebagai "kota para pelacur suci"; sedangkan Ishtar sendiri dijuluki "pelacur para dewa".Ishtar memiliki banyak kekasih; akan tetapi kekasih utamanya adalah Gilgamesh. Pada masa mudanya Ishtar mencintai dan menjadi pasangan Tammuz, dewa panen. Cinta Ishtar dikenal sangat fatal dan berbahaya bahkan bagi para dewa sekalipun, karena cinta Gilgamesh pada Ishtarlah yang membunuh Tammuz. Ishtar adalah anak dewa Sin atau Anu. Dewi ini sangat dipuja di kota Nineveh dan Arbela (Erbil). Simbol dewi Ishtar adalah bintang bersudut delapan.

Enki

Enki atau Ea adalah Dewa Air, tapi lebih dikenal sebagai Dewa Pengetahuan dan Kebijaksanaan, karena Enki adalah Dewa yang mengajari manusia tentang pengetahuan. Enki berarti Lord (En) of Earth (Ki). Enki juga dikenal sebagai Dewa Kehidupan dan Pelestari, dan dilambangkan mengalirkan air dari bahunya serta dengan burung guntur Imdugud yang menyerupai elang bertengger di bahunya melambangkan naiknya uap air menjadi awan. Di antara anak-anaknya adaah Ninsar, Nin Imma, dan Uttu. Dia juga memiliki tugas mengatur pergantian siang dan malam dan dalam di mitologi penciptaan dialah yang mengatur bumi dan membentuk hukum serta keteraturan semesta. Enki juga dipandang sebagai figur heroik karena dia merupakan salah satu dari tiga dewa utama yang terlibat pertarungan dengan Tiamat. Menurut kepercayaan bangsa babilonia, Enki mengisi sungai Tigris dan Eufrat dengan air suci yang manis. Dia juga menunjuk beberapa dewa-dewa rendahan lain untuk menjaga keteraturan semesta. Enki menciptakan tumbuhan-tumbuhan dari air sperma di dalam tubuhnya.

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers