Tuesday, October 14, 2014



Dalam hierarki malaikat pseudo-Dionysian, Serafim merupakan malaikat tertinggi dan terdekat dengan Tuhan. Kata  serafim sendiri berasal dari akar kata Ibrani saraf yang memiliki makna “membakar”, “menghanguskan”, atau “menghancurkan”. Ide tentang Serafim kemungkinan berkembang dari uraeus, ular emas yang sering dipakai oleh para Firaun di kening mereka. Uraeus bersayap dua atau empat atau tanpa sayap  sering digambarkan sebagai simbol di sepanjang wilayah-wilayah Timur Dekat. Serafim yang merupakan malaikat dalam legenda ibrani diduga memiliki wujud asli ular dengan sifat-sifat manusia. Dalam Alkitab Ibrani, kata saraf digunakan untuk menyatakan ular berapi. Berikut merupakan malaikat-malaikat yang termasuk ke dalam tingkatan Serafim:

1. Barakiel 

Merupakan serafim yang memiliki nama bermakna “sang halilintar Tuhan” dan berkuasa atas halilintar. Selain sebagai Serafim, Barakiel merupakan salah satu malaikat penguasa planet dan berkuasa di planet Yupiter dan Bulan Februari. Dia adalah salah satu dari empat pemimpin Serafim, pemimpin penerima pengakuan dosa, dan pangeran penguasa langit kedua dan ketiga. Barakiel disebutkan sebagai penguasa atas zodiak Scorpio dan juga Pisces. Dia sering dipanggil sebagai peruntungan dalam perjudian. Dia juga merupakan penjaga gerbang Angin timur dan salah satu malaikat pengurus Istana Bulan.

2. Kalkydras

Dalam kitab Henokh, Kalkydras adalah malaikat bersayap dua belas atau sosok ular kuningan yang disebutkan bersama Phoenix sebagai petugas penarik kereta matahari melintasi langit. Dia tinggal di langit keempat. Ketika matahari akan terbit, mereka menyenandungkan lagu atas perintah Tuhan: pemberi terang telah kan segera datang, untuk menerangi seluruh jagat raya; sinar mentari sang pelindung pagi akan muncul segera. Mentari menyembul di atas permukaan mayapada, dan memancarkan sinarnya untuk terangi semesta. Lagu Chalkydru dan phoenix inilah yang membuat burung-burung berkicau di pagi hari untuk membalasnya. Dalam tradisi Gnostik, Chalkdry adalah sosok iblis ular dengan kepala buaya.

3. Jahoel

Salah satu anggota malaikat kehadiran, yang menjadi perantara penyebutan nama agung Yahweh. Nama Jahole diyakini sebagai nama awal dari Metatron. Jahoel merupakan pemimpin dari malaikat Seraphim bersama dengan Seraphiel, dan mengatur paduan suara surgawi. Ia juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan Leviathan, sesosok monster yang akan melahap jiwa-jiwa para pendosa di hari kiamat,  tetap berada di kurungannya

4. Kemuel

Salah seorang Archon, pemimpin Seraphim dan salah satu dari sepuluh sephirot Pohon Kehidupan dalam tradisi Kabbalah. Dikatakan dalam legenda para rabbi dari abad kesembilan, Kemuel merupakan penjaga pintu gerbang surga. Ketika Musa mencapai puncak gunung sinai untuk menerima sepuluh perintah, dia melihat sebongkah awan di puncak gunung dan masuk menyibak awan tersebut. Awan itu lalu membawanya terbang ke langit melintasi batasan waktu. Awan yang membawa Musa kemudian berhenti di gerbang Cakrawala dan menurunkannya di sana. Malaikat Kemuel, yang menjaga gerbang langit, memerintahkannya meninggalkan tempat itu. Musa mengatakan kepada Kemuel kalau dia datang untuk menerima Taurat dan gerbang langit terbuka. Karena Tuhan yang mengundang Musa kesana, Kemuel mengizinkannya masuk ke surga. Sebagai seorang archon, Kemuel berdiri di jendela-jendela surga. Dia menjadi malaikat pembawa do’a-do’a Israel bersama dengan para pangeran langit ketujuh. Dalam kitab wahyu Musa, Kemuel adalah pemimpin dari 12000 malaikat kehancuran.

5. Radueriel 

Malaikat yang ditugaskan untuk mengurus arsip-arsip surgawi dan memiliki kemampuan untuk menciptakan malaikat lainnya. Tugasnya adalah memberikan gulungan suci kitab kehidupan kepada Yang Kuasa untuk dibacakan di depan majelis sidang surgawi yang bertahta di menara tertinggi surga Arabot, dan dihadiri oleh segenap penghuni surga. Malaikat ini dinamai Radueriel karena setiap kata tertutur dari mulutnya akan menjadi malaikat yang bergabung dengan Malaikat Paduan Suara Surgawi dan melatunkan kidung pujian di hadapan Yang Agung. Radueriel juga merupakan malaikat yang menjadi pembangkit inspirasi bagi para penyair. Dia adalah salah datu dari delapan Malaikat yang akan menjadi hakim di hari penghakiman yang derajatnya satu tingkat lebih tinggi dari Metatron.

6. Seraphiel

Salah satu dari pemimpin Serafim, malaikat penjaga tahta, dan pangeran Merkabah. Dalam 3 Henokh, Seraphiel digambarkan dengan sosok malaikat terang yang tingginya setinngi tujuh tingkatan langit dengan wajah seperti malaikat dan tubuh seperti elang. Dia sangat menawan seperti terang bintang pagi. Tubuhnya dipenuhi oleh mata-mata seperti jutaan bintang-bintang surga dan tiap-tiap mata bersinar seperti bintang pagi. Dia mengenakan mahkota batu safir sebesar alam semesta di kepalanya. Pancaran terang mahkotanya setara dengan perjalanan 502 tahun perjalana. Sebagai pemimpin Seraphim dia mengurus para malaikat-malaikat tersebut dan mengajarkan mereka kidung-kidung pujian kepada Tuhan. Dalam tradisi ilmu sihir, Seraphiel adalah penjaga hari selasa dan planet Merkuri dan dipanggil dari arah utara.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers