Tuesday, July 8, 2014


Isara

Dewi pernikahan dan kelahiran bangsa Babilonia-Akkadia dan semitik barat. Juga merupakan dewi yang berhubugan dengan pemaksaan sumpah. Kultu pemujaannya di Mesopotamia berpusat di  kota Kisura, tapi dia juga dipujan di Syria, Kanaan, dan Hititi. Lambangnya adalah kalajengking.

Iskur

Dewa hujan, petir, dan para gembala. Iskur digambarkan sebagai saudara dari dewa matahri Utu. Dalam mitologi penciptaan, dia diberi tugas memerintah angin oleh Dewa Enki. Dia dilukiskan sebagai seorang ksatria mengendari langit dengan keretanya menebarkan tetes hujan dan butir-butir salju. Dalam sebuah teks, dia disebut sebagi putera An dan saudara kembar Enki. Dia sebanding dengan Ninurta yang dulunya merupakan dewa petani. Bangsa Hititi mengadopsinya menjadi dewa badai.

Lillith

Dewi ketandusan bangsa Mesopotami, Summeria. Dia digambarkan sebagai sosok iblis yang dalam legenda Gilgames dan pohon Huluppu menghuni Pohon suci Inana di tepi sungai Eufrat di Unug. Saat Gilgames menyerang Lilith dia melarikan diri ke padang gurun tandus.

Nebo

Dewa aksara dan pengetahuan bangsa Babilonia-Akkadia merupakan putera Marduk dan Zatpanitum dan pasangan dari Tasmetum. Dia digambarkan memegang sebuah pena buku. Dia dianggap sebafgai dewa wilayah pegunungan. Kultus pemujaanya berpusat di Bor-sippa, dekat Babiblob, dikenal dengan Ezida.

Nammu

Nammu dikenal sebagai dewi air dalam. Sebagai pasangan dari An, dia merupakan ibu dari Enki. Dia juga melahirkan banyak-banyak dewa-dewa lainya dan dalam sebuah puisi disebut sebagai ibu semua makhluk fana. Dia mencetak tanah liat membuatnya menjadi makhluk bernama sig-en-sig-du lalu menghidupkan mereka, oleh karena itulah dia menciptakan umat manusia.

Nanna

Dewa bulan dalam pantheon Sumeria yang merupakan dewa pelindung kota Ur. Dia adalah putera pertama dari Enlil. Istrinya bernama Ningal dan anak-anaknya, Utu dan Iskur. Selama dinasti ketiga Ur, festival tahun baru, Akitu, diadakan sebagai upacara untuk menghormati dewa ini. Dia dianggap bertugas menerangi malam, menetapkan ukuran waktu dan memberikan kesuburan.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers