Tuesday, June 10, 2014

Narcissus

Putra Cephissus dan Liriope. Ketika Narcissus lahir seorang peramal mengatakan bahwa dia akan hidup sampai tua jika dia tidak pernah melihat bayangannya sendiri. Dia memiliki ketampanan yang luar biasa sehingga dia membuat para wanita tergila-gila padanya. Karena Narcissus menolak cinta Echo,  salah seorang Nymph, Nemesis yang merupakan dewi dendam,  mengutuk Narcissus hanya akan jatuh cinta pada bayangannya sendiri yang dia lihat diatas permukaan air.

Endymion

Putra Aethlius seorang pengembala di Asia kecil, tapi beberapa sumber lain mengatakan dia adalah putra dari Raja Elis, penguasa Peloponnesus. Pemuda ini adalah kekasih dari dewi bulan Selene. Endymion meminta anugrah keabadian kepada Zeus dan Zeus menyetujuinya dengan satu syarat bahwa dia akan tertidur selamanya. Akan tetapi juga diceritakan, Selene yang menjadikannya tertidur selamanya agar dia bisa menikmati ketampanan kekasihnya itu selamanya. Selene memiliki 50 orang putri bersama Endymion.

Ganymede
 

Pangeran Troy, cucu dari Dardanus, pendiri Troy. Dewa Zeus yang terpikat akan ketampanan Ganymede muda membawanya ke Olympus dan mengangkatnya menjadi pembawa cawan para dewa. Ketika ayah Ganymede, Raja Tros penguasa Troy mengetahui putranya telah dibawa Zeus ke Olympus dia sangat bersedih karena kehilangan anaknya tersebut. Untuk menyenangkan hatinya, Zeus mengutus Hermes untuk mempersembahkan padanya hadiah dari Zeus berupa dua ekor kuda yang bisa berlari di atas air dan juga hadiah berupa anggur emas. Hera menjadi cemburu begitu dia mendengar Ganymede menjadi pembawa cawan sekaligus kekasih Zeus . Oleh karena itu, Zeus menempatkan wujud Ganymede di antara gugusan bintang Aquarius, pembawa air.

Paris

Putra Priam, raja Troy, dan istrinya hecuba. Sebelum dia lahir, peramal meramalkan bahwa Paris akan menyebabkan malapetakan dan kehancuran pada Troy. Karenanya, Priam dan Hecuba membuang bayi Paris ke daerah gunung Ida agar bayi itu mati di sana. Akan tetapi dia diselamatkan oleh seorang pengembala dan dibesarkan oleh pengembala tersebut. Karena ketangkasannya, dia memenangkan sebuah pertandingan di Troy dan menarik perhatian sanga raja, yang langsung mengenali dia sebagai putranya. Terlepas dari apa yang telah dikatakan peramal, Priam kembali menyambut Paris diantara keluarga istana. Ramalan itu terpenuhi ketika Paris menculik Helen yang menjadi pemicu terjadinya Perang Troy.

Pandora

Wanita pertama bumi dalam mitologi Yunani. Zeus memerintahkan Hephaesthus menjadikan seorang wanita dari tanah liat dan para dewa lain memberinya nafas, kecantikan, keanggunan dan kelicikan. Mereka juga memberinya sebuah kotak dan memerintahkannya agar tidak pernah membuka kotak itu.
Pandora menikah dengan Epimetheus saudara Promeotheus. Setelah pesta pernikahannya, Pandora membuka kotak pemberian para dewa, dan dari kotak itu keluarlah segala macam malapetaka ke dunia. Hanya Harapan yang tersisa di dalam kotak tersebut, dan hanya Harapanlah yang membuat manusia terus berjuang menghadapi segala malapetaka tersebut.

Perseus

Putra Zeus dan Danae, istri raja Argos; suami dari Andromeda. Perseus adalah tokoh yang membunuh medusa dan mempersembahkan kepalanya kepada raja Siferos sebagai syarat menyelamatkan ibunya dari cengkraman sanga raja. Perseus menjadi Raja Argos, tapi versi lain mengatakan dia, Andromeda dan putra mereka pindah ke Asia dan mendirikan Negeri Persia.

Psyche

Seorang putri yang memiliki kecantikan yang sangat tersohor sehingga Aphrodite cemburu padanya karena para pria berpaling dari menyembah dewi itu menjadi menyembah sang putri. Aphrodite memerintahkan Eros atau Cupid membuat Psyche jatuh cinta dengan seorang pria yang sangat buruk, akan tetapi Eros jatuh cinta padanya dan menyembunyikannya di sebuah tempat rahasia. Eros menyembunyikan identitas aslinya dari Psyche dengan melarangnya melihat wajahnya. Akan tetapi, karena hasutan saudarinya yang cemburu padanya, Psyche melihat wajah Eros dan Erospun meninggalkannya. Di tengah putus asa, dia mencari cintanya yang hilang ke seluruh pelosok, dan pada akhirnya dia memohon kepada Aphrodite, ibu Eros. Dewi Aphrodite memberinya tugas yang sulit agar dia bisa kembali bersama Eros. Psyche berhasil memenuhi tugas tersebut dan menikah dengan Eros.

Pythia

Pendeta sekaligus peramal (Orakel) di kuil Apollo di Delphi. Phytia berperang sebagai wadal bagi Apollo untuk menyampaikan ramalan-ramalannya kepada para pengunjung kuil Delphi. Seorang pengunjung akan mengutarakan keinginanya kepada seorang pengurus kuil dan pengurus kuil menanyakan itu kepada Pythia. Dalam ruang suci kuil, Pythia akan bersemedi memohon petunjuk kepada Apollo mengenai ramalan yang diinginkan tersebut.

To be continued...
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers