Thursday, June 5, 2014

Áine (Irlandia)

Selain disembah sebagai dewi asmara dan kesuburan, Dewi ini juga merupakan dewi musim panas, kekayaan dan kekuasaan.  Áine adalah puteri dari Egobail. Dalam sebuah kisah diceritakan bahwa Áine pernah diperkosa oleh Raja Munster, Ailill Aulom, Áine menyelamtakan diri dari perkosaan itu dengan menggigit teling Aillil. Namun dalam mitos lain dikisahkan dia merupakan istri dari dewa laut Manannan Mac Lir. Untuk memperingatinya, para penduduk Irlandia mengadakan festival pada malam pertengahan musim panas untuk dewi ini.

Aphrodite (Yunani)

Di antara jajaran dewa-dewi Yunani, Aphrodite adalah sosok dewi yang cukup terkenal hingga keluar pelosok Yunani. Dia merupakan dewi asmara, kecantikan, kesenangan dan seksualitas. Menurut Hesiod dalam karyanya Theogoni, Aphrodite terlahir dari penis Kronos yang dipotong dan dilempar Zeus ke dalam Lautan. Namun menurut Homer dalam Illiad, dia merupakan puteri dari Zeus dan Dione.
Aphrodite terkenal akan kecantikan parasnya. Karena kecantikannya ini, para dewa khawatir akan terjadi pertumpahan darah antara mereka yang ingin mendapatkannya. Untuk mengatasi ini, Zeus menikahkannya dengan Hephaestus. Dalam mitologi Yunani, Aphrodite dikisahkan memiliki nafsu seksual yang besar dan banyak kekasih baik diantara manusia dan dewa. Kultus penyembahan terhadap Aphrodite berpusat di Cythera dan Cyprus yang dianggap sebagai tempat kelahiran sang dewi

Astghik (Armenia)

Dewi ini merupakan dewi kesuburan dan asmara penduduk Armenia. Dia adalah kekasih dari Vahagn, dewa matahari. Festival Vartavar merupakan festival di Armenia yang ditujukan untuk menghormati dewi ini, festival ini diadakan pada pertengahan bulan Juli.
Kultus pemujaan terhadap dewi ini berpusat di Taron, wilayah sebelah utara Mush. Di kuilnya didirikan sebuah bilik yang dipersembahkan untuk Vahagn yang merupakan kekasih dari Astghik. Beberapa kuil  Astghik juga ditemukan di beberap wilayah seperti di pegunungan Palaty.

Bes (Mesir)

Di Mesir, Bes adalah dewa yang dipuja sebagai pelindung rumah tangga, para ibu, anak-anak dan penyelamat kelahiran bayi. Dewa ini sering digambarkan dengan campura wujud singa dn manusia. Dewa ini berasal dari kultus pagan Twa, suku pigmi di Kongo dan Rwanda.

Eros (Yunani)

Eros merupakan dewa cinta dan nafsu seksual dalam mitologi Yunani. Selain sebagai dewa asmara dan seksualitas, dia juga disembah sebagai dewa kesuburan. Eros merupakan putera dari Aphrodite. Selain Eros, dewa ini juga dikenal sebagai Cupid yang sering dilambangkan sebagai dewa asmara yang menembakkan panahnya kepada para pecinta. Dikatakan bahwa, siapa yang tertembus anak panahnya akan dipenuhi cinta.

Freyr (Norwegia)


Freyr adalah dewa asmara dan kesuburan dalam mitologi Nordik. Dalam puisi Edda, Freyr disebutkan sebagai salah seorang Vanir puteri dari dewa laut Njörðr dan saudara kembar Freyja. Para dewa menganugerah kepadanya kekuasaan atas Alfheimr, negeri para peri.

Kama (India)

Kama adalah dewi asmara dan nafsu seksual dalam mitologi India. Kisah tentang dewa Kama atau dewa cinta merupakan salah satu kisah yang sangat memikat. Manmata atau yang lebih dikenal dengan nama Kama, merupakan putra dari Brahma. Menggunakan busur panahnya ia dapat menaklukan siapapun dengan sihir cintanya. Kama dalam bahasa sanskerta dapat diterjemaahkan sebagai cinta, tetapi lebih dari itu, Kama juga dimengerti sebagai, nafsu, keinginan, kesenangan sensual, atau gairah erotis
 Bersambung ke part ii

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers