Tuesday, June 17, 2014

Bahram
Dewa penguasa planet-planet dan kemenangan. Dia merupakan pelayan dari Sraosa dan membantunya ketika dia membangkitkan ruh dari orang mati

Gandarewa

Dewa kegelapan yang menghuni samudera dan terus berusaha menenggelamkan hal-hal baik yang telah diciptakan.

Mah

Dewa bulan persia kuno, salah seorang  dari Yazatas. Dia merupakan pelayan Vohu Manah. Hari ketujuh didedikasikan untuk Dewa ini.

Mithra


Dewa cahaya dan persahabatan Iran Kuno. Dia juga bertugas menjaga keteraturan alam semesta. Terkadang Mithra disebut sebagai putera dari Ahura Mazda, dia membantunya melawab paskukan kegelapan yang dipimpin oleh Angro Mainyu.

Verethragna

Dewa perang dan kemenangan persia kuno. Dewa penjaga api Vrahran, api yang paling suci yang merupakan campuran dari enam belas api. Dia bertindak sebagai hakim bagi manusia dan setan. Verethragna muncul dalam berbagai wujud:  beruang, burung bangkai, sapi, unta, pemuda tampan, prajutit berpedang emas dll.

Vohu Manah

Merupakan salah satu dari Amesha Spentas dan personifikasi dari kebijaksanaan. Dia adalah pelindung dunia binatang. Dia membimbing jiwa-jiwa orang mati menuju surga.

Vourukasha

Dewa samudera dan danau langit yang airnya merupakan sumber air bagi dunia yang turun melalui curahan hujan.  Vouruskasha juga merupakan wujud samudera dalam kosmologi persia.

Zurvan

Dewa purba persia kuno penguasa waktu dan ruang yang tak terbatas. Zurvan adalah ayah dari dewa terang Ahura Mazda dan dewa kegelapan Angro Mainyu. Dalam pertarungan kosmik, Zurvan berada di pihak netral, tidak memihak. Zurvan juga merupakan dewa takdir, terang, dan kegelapan.





Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers