Tuesday, June 17, 2014

Ahura Mazda

Dewa tertinggi yang menciptakan langit dan bumi, putera dari Zurvan. Sebagai pemimpin dari Dewa-Dewa Langit, Amesha Spentas, dia bertarung dengan Ahriman beserta para pengikutnya untuk menyelamatkan dunia kejahatan, kegelapan, dan keburukan.

Angra Mainyu

Dewa kegelapan, pengancur kebaikan, pencipta kejahtan, pembawa maut dan penyakit. Dia juga dikenal dengan nama Ahriman yang berarti “ruh jahat”. Dia adalah pemimpin pasukan kegelapan dalam perang melawan Spenta Mainyu, ruh suci yang membantu Ahura Mazda, sang bijak, dan pemenang akhir dari pertarungan kosmik. Ahriman mencipatkan es pada musim dingin, cuaca panas pada musim dingin, segala bentuk penyakit dan keburukan.

Aesma Daeva

Dewa kegelapan menguasai nafsu birahi, kemarahan, kemurkaan, dan balas dendam. Dia merupakan personfikasi dari kekerasan, dan penyuka konflik serta perang. Bersama dengan dewa kematian, Asto Vidatu, dia mengejar jiwa-jiwa orang mati ketika mereka naik ke surga.

Aka Manah

Aka Manah adalah salah seorang Daevas yang merupakan personifikasi dari nafsu birahi. Dia dikirim oleh Ahriman untuk merayu Nabi Zarahustra. Musuh besarnya adalah Vohu Manah.

Apam-natat

Dewa penghuni air yang memberikan air pada umat manusia. Dia merupakan putra dari Dewa Air Vouru-Kasa.  Apam-natat juga memiliki tugas sebagai penjaga langit dan penjaga dari para pemberontak.

Apaosa


Dewa kegelapan yang membawa kekeringan ketandusan ke permukaan bumi. Dia menunggang seekor kuda hitam gundul. Pada akhir pertempuran kosmik, dia dikalahkan oleh dewa Tistrya.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers