Thursday, June 26, 2014

Pada awalnya Eru, Yang Esa, didalam bahasa peri dipanggil Ilúvatar, menciptakan para Ainur dari pikirannya; dan memerintahkan mereka memainkan musik dihadapannya. Dari musik itu bermulah cikal bakal dunia; karena Ilúvatar menampakan kepada Ainur bentuk dari musik yang telah mereka persembahkan, dan mereka menyaksikan musik itu seperti nyala terang dalam kegelapan. Banyak dari Ainur terpesona akan keindahan dunia yang dinampakkan oleh Eru dan berkeinginan untuk menghuni mendatangi dan merawatnya serta mempersiapkannya untuk menyambut kedatangan Anak-Anak Ilúvatar, Peri dan Manusia.    Bangsa peri memanggil yang paling kuasa diantara Ainur dengan sebutan Valar, yang bermakna Kuasa Dunia, sementara manusia menyebutnya dengan dewa-dewa. Petinggi Valar berjumlah tujuh, begitupun dengan ratunya yang disebut dengan Valier.

Manwë


Manwë merupakan Valar yang paling dekat dengan Ilúvatar dan paling memahami segala tujuan Ilúvatar. Dia ditunjuk oleh Ilúvatar menjadi Raja Tertinggi; Penguasa Kerajaan Arda (Dunia) dan memerintah semua yang menghuninya. Manwë menyukai angin dan awan, dan semua wilayah dunia, dari puncak gunung tertinggi hingga samudera terdalam, dari batas terjauh numi hingga padang-padang rumput. Súlimo adalah julukannya, Penguasa Nafas Arda. Seluruh burung-burung berada dibawah titah dan kendalinya.

Varda

Bersama Manwë tinggallah Varda, Ratu Gemintang, yang mengetahui seluruh sudut wilayah Éa. Paras terlalu indah untuk dilukiskan dalam bahasa Manusia dan Peri, karena cahaya Ilúvatar masih bersinar diwajahnya. Dari kediaman Ilúvatar, Varda datang untuk membantu Manwë melawan Melkor yang sangat membencinya semenjak Persembahan Musik di hadapan Ilúvatar. Melkor takut kepada Varda melebihi ketakutannya kepada Valar lainnya. Manwë dan Varda jarang berpisah, mereka tinggal di Valinor di puri mereka di atas puncak gunung bersallju abadi, Oilossë, Menara Tertinggi Taniquetil, gunung tertinggi di dunia tengah (Middle-Earth). Dari semua Valar, Bangsa Peri memberi kehormatan kepada Varda melebihi yang lainnya. Mereka memanggilnya, Elbereth Gilthoniel.

Ulmo

Ulmo penguasa dunia air. Dia tidak pernah berdiam di suatu tempat, melainkan terus berjalan sesuka hatinya menelusuri aliran air dipermukaan bumi atau dibawah bumi. Dia berada diurutan kedua setelah Manwë dalam hal kekuasaan dan kesaktian, dan sebelum Valinor dijadikan dia bersahabat erat dengannya; tapi setelah Valar pindah ke Valinor, dia jarang hadir ke sidang Valar kecuali ketika mereka membicarakan masalah yang serius. Ulmo tidak suka berjalan di atas daratan dan jarang mengambil wujud jasadi seperti rekan-rekannya. Anak-Anak Eru yang berhadapan langsung dengan Ulmo akan diliputi ketakutan yang teramat sangat, karena kemunculan Sang Raja Samudera sangat mengerikan, seperti gulungan ombak menerjang daratan dengan ketopong gelap berhiasan buih lautan dan jubah zirah berkilau keperakan.

Aulë

Aulë berada dibawah urutan Ulmo. Kekuasaanya adalah segala materi yang merupakan bahan dari apa Arda diciptakan. Pada mulanya, dia bersahabat erat dengan Manwë dan Ulmo dan mengemban tugas menghiasi seluruh permukaan bumi. Dia adalah penempa dan penguasa semua hasil kerajinan. Kesukaanya adalah permata-permata yang tersembunyi di dalam perut bumi. Aulë merupakan pencipta bangsa kurcaci.

Yavanna

Pasangan Aulë, Penganugerah buah-buahan. Dia menyukai segala sesuatu yang tumbuh di permukaan bumi, dari pohon menjulang tinggi di dalam hutan hinga hamparan lumut di atas bebatuan. Dalam wujud seorang wanita, dia berpostur tinggi dan memakai gaun berwarna hijau. Kementari adalan julukan dalam bahasa peri yang bermakna Ratu Bumi. Dia merupakan Valar yang menanam dua batang pohon cahaya yang menjadi sumber terang di Valinor setelah Melkor menghancurkan lampu Iluin di Almaren, kediaman para Valar di dunia tengah sebelum Melkor menghancurkannya.

Fëanturi

Fëanturi, penguasa jiwa, adalam dua Valar bersaudara  yang sering dipanggil Mandos dan Lórien. Tapi itu merupakan nama tempat kediaman mereka, dan nama asli mereka adalah Námo dan Irmo. Námo adalah yang paling tua dan berdiam di Mandos yang berada diwilayah bagian barat Valinor. Dia merupakan penjaga Balairung Orang Orang Mati (Balairung Mandos), dan yang membangkitkan roh-roh orang yang terbunuh. Dia adalah Valar Hakim dan Kutukan; tapi keputusan dan penghakimannya berdasarkan perintah Manwë.
Irmo adalah yang paling muda dan berdiam di taman Lórien, tempat paling indah diseluruh dunia, dipenuhi oleh para Ruh-ruh suci.

Vairë

Vairë sang penenun adalah pasangan Namó. Dia menyulam semua yang telah terjadi di dunia pada kain sulamannya, dan Balairung Mandos yang selalu meluas seiring berjalannya waktu ditutupi oleh sulamannya tersebut.

Estë
Estë, penawar luka dan kepenatan adalah pasangan Irmo.  Dia jarang bepergian melainkan sering berdiam diri di sebuah pulau yang teduh danau Lórellin. Dari telaga Irmo dan Estë, semua penduduk Valinor bisa memperoleh kesegaran; Valar sering datang ke sana untuk menenangkan dan meringankan beban mereka terhadap permasalahan Arda.

Niena


Niena adalah saudari dari Fëanturi, dan tinggal sendirian. Dia selalu diliputi duka, dan meratapai setiap kerusakan Arda karena ulah Melkor. Tetapi dia tidak menangis untuk dirinya; siapa yang mendengar ratapannya akan belajar tentang rasa kasihan dan keteguhan dalam berharap. Kediamannya berada di bagian barat, di perbatasan dunia. Dia jarang bertandang ke kota Valimar tetapi lebih sering ke Balairung Mandos yang dekat dari tempat tinggalnya.

Tulkas

Berlimpah dalam kekuatan dan keberanian itulah Tulkas, yang dijuluki Astaldo, Si Perkasa. Dia datang paling terakhir ke Arda membantu Valar bertempur melawan Melkor. Dia menyukai adu kekuatan dan pertarungan; dia tidak mengendarai kuda karena kecepatan langkahnya bisa melampaui kecepatan apapundan tak kenal lelah. Rambut dan jenggotnya berwarna keemasan dengan kulit kemerah-merahan.

Nessa

Pasangan Tulkas dan saudari dari Oromë dia juga lincah dan berjalan tangkas dengan kakinya. Dia menyukai rusa, dan para rusa selalu mengikutinya kemanapun dia pergi. Dia juga suka menari, dan dia menari di Valimar di atas padang rumput yang takkan pernah layu.

Oromë

Oromë menyukai daratan di Middle-earth dan tidak ingin pindah dari Middle-earth. Setelah kepindahanya ke Valinor, dia sering bertandang ke gunung-gunung dan hutan-hutan Middle-earth bersama rombongannya. Dia adalah pemburu monster dan binatang buas, dan menyukai kuda serta anjing pemburu. Dia juga menyukai pepohonan. Oleh karenanya dia dijuluki Aldaron dan dalam bahasa sindar, Tauron, Penguasa Hutan.

Vána

Vána, Yang Selalu Muda,  adalah pasangan Oromë dan adik dari Yavanna. Semua bunga bersemi ketika lewat dan kembang mekar jika dia melihat mereka. Seluruh burung juga bernyanyi karena kedatangannya.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers