Thursday, June 5, 2014

Aeron

Aeron merupakan dewa bangsa britania di Wales yang disembah sebagai dewa perang dan dewa pembunuhan. Nama dewa ini dari nama dewi Agrona yang merupakan dewi perang orang Inggris.

Amathaon

Amathaon merupakan dewa pertanian putera dari Beli dan Don, dan saudara dari Gwydyon.  Nama Amathaon muncul dalam kisah Culhwch dan Olwen. Disitu diceritakan bahwa Ysabaddaden meminta tolonh kepada Amathaon untuk menggarap ladangnya sebagai persyaratan yang harus dipenuhi Culhwch untuk menikahi Olwen.

Arawn



Arawn adalah dewa penguasa Annwfn (Dunia gaib) pada cabang pertama Mabinogi (Pohon kehidupan). Suatu saat, ketika Arawn sedang berjalan-jalan di hutan dia bertemu dengan Pwyll dan bersahabat baik dengannya. Arawn meminta Pwyll menggantikan posisinya selama satu tahun satu hari di mana Pwyll juga harus berubah wujud menjadi Arawn. Hal ini dilakukan agar Pwyll bisa melawan Hafgan yang juga merupakan penguasa di Annwfn dan musuh besar Arawn. Dalam pertempuran mereka, Pwyll yang berubah wujud menjadi Arawn berhasil membunuh Havgan. Sebagai rasa terima kasih Arawn, dia menghadiahkan Rhiannon sebagai istri Pwyll. Selain itu, dia juga menghadiahkan babi keramat kepada Pryderi, putera Pwyll.

Beli


Beli adalah dewa kematian putera dari Mynogen dan suami dari dewi Don, puteri Mathonny. Dia dikenal sebagai bapak dari para dewa. Dalam pernikahannya dengan Don, Beli mempunyai lima orang putera: Amathon, Nudd, Govannon, Gwydyon dan Gilvaethwy seta dua puteri: Aranrhod dan Penarddun. Beli sering dipanggil dengan julukan Beli Mawr. Dia merupakan padanan dari dewa prancis kuno, Belenus, dan dewa Keltik, Bile.


Ceridwen


Ceridwen merupakan dewi pengetahuan bangsa Britania di wales . Namun sebagian mengatakan Ceridwen adalah seorang penyihir yang sering digambarkan sebagai nenek sihir tua. Dia memiliki kemampuan berubah wujud. Ceridwen adalah ibu dari Creirwy, Morvran dan Morrfan. Puterinya, Creirwy adalah gadis paling cantik yang ada di bumi.

Dôn

Don adalah dewi ibu atau ibu para dewa. Dia merupakan puteri dari Mathonwy dan istri Beli. Dia adalah ibu dari dewa-dewa langit: Amathon, Aranrhod, Gilvaethwy, Govannon, Gwydyon and Nudd, yang merupakan musuh dari Llyr, ibu dari dewa-dewa kegelapan.

Dylan

Dylan dan saudaranya Lleu adalah putera dari dewi perawan Aranhord. Dia melahirkan dua dewa ini ketika dia tidak sengaja menginjak tongkat sihir pamannya. Dylan digambarkan dengan wujud seorang pria remaja dengan rambut emas. Dalam mitologi Wales, dia merupakan dewa laut dan penguasa ombak. Dylan dibunuh oleh pamannya Govannon, dewa pandai besi, karena kemampuannya yang bisa berenang seperti ikan.

Govannon

Govannon merupakan dewa pandai besi, putera dari Beli dan Don. Dia juga merupakan paman dari Dylan. Menurut cerita, Govannon membunuh Dylan karena cemburu akan kemampuan Dylan yang bisa berenag seperti ikan.

Gwydyon

Gwydyon adalah panglima para dewa. Selain itu dia disembah sebagai dewa ilmu sihir, dewa penyair dan pemusik. Gwydyon bertugas sebagai penasihat pamannya Amth, raja di Wales utara.

Llyr

Llyr merupakan dewa penyempuhan Wales. Dia menikah dengan Penarddun. Dalam pernikahannya, dia memiliki putera Manawyddan dan puteri Branwen


Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers