Tuesday, May 27, 2014

Pan  (Yunani)

Pan, putera hermes dengan seorang nymph Arkadia, adalah salah seorang makhluk gaib dari dunia kuno, dewa hutan dan padang rumput, pemandu peternak dan pengembala yang membalasanya dengan susu, madu, dan daging lembu. Dia dikenali dengan wujud seperti fawn (manusia kambing), berkulit kemerah-merahan, janggut tanduk dan tungkainya yang menyerupai kambing. Dia membawa tongkat melengkung khas pengembala dan suka memainkan sulingnya. Pan berhubungan erat dengan mitos tentang Satyr, siluman kambing yang haus seks dan suka melakukan orgi. 


Windigo (Kanada)

Windigo adalah spesies musiman pemakan manusia yang tinggal di daerah sub-arktik. Makhluk ini ditakuti di malam-malam musim dingin ketika makanan tinggal semakin langka dan sedikit. Windigo menggunakan batang pohon sebagai sepatu salju dan bisa menjangkau jarak yang cukup jauh dengan hanya satu langkah. Telanjang dan berbadan kurus, windigo bersembunyi di antara pohon-pohon di hutan utara Kanada menunggu manusia untuk dimangsa. Windigo mempunyai teriakan yang bisa melumpuhkan mangsanya.


Kuru-Pira (Brazil)


Kuru-Pira, makhluk pelindung suku Desaba, juga dikenal dengan sebutan Boraro karena tangisan khususnya dan mata merahnya yang bersinar bara api serta taringnya yang seperti macan.  Dia berbadan tinggi, berwujud manusia dengan bulu dadanya yang lebat dan alat kelaminnya yang besar. Dia tidak memiliki lutut sehingga dia sulit untuk berduri ketika ia terjatuh. Kuru-Pira bisa dikenali langsung dengan kakinya yang terbalik, tumitnya berada di depan sementara jari kakinya ada di belakang.


Ravana (India)


Ravana, raja dari Rakshasa, memiliki sepuluh kepaka, dua puluh tangan, dan mata tajam yang membara. Ravana dapat berubah wujud menjadi apapun yang dia inginkan, menjadi batu yang beragam, menjadi mayat, menjadi asap dll. Ravana bisa menghancurkan gunung dengan dua tangannya tanpa senjata dan bisa membuat badai di lautan. Dia terkenal dengan perannya dalam epos Ramayana bertarung dengan Rama.


Eloko (Zaire)


Eloko adalah kurcaci pemakan manusia yang tinggal di lubagn-lubang pohon di hutan lebat Zaire. Eloko tidak memiliki bulu tapi memiliki kulit yang dilapisi rumput yang tumbuh di wajah dan sekujur tubuhnya; pakaianya terbuat dari dedaunan. Eloko memiliki mata seperti api. Mereka memiliki moncong panjang dan jari berkuku runcing, meskipun mereka kecil, rahang mereka dapat melebar hingga bisa menelan manusia.


Kayeri (Amerika Selatan)


Kayeri adalah spesies  gaib dalam cerita suku Cuiva, paling suka muncul saat musim-musim hujan dan di tempat-tempat yang sedikit sinar matahari. Dia menggunakan topi hijau, terkadang kuning, ketika dalam wujud manusia biasanya ia berwujud seorang pria berbadan tinggi dan kuat. Dikatan dia memiliki dua orang istri. Kayeri tinggal di gua bawah tanah yang dalam dan muncul ke permukaan daratam melalui lubang-lubang yang dibuat semut. Kayeri hanya memakan sapi.


Leshi (Rusia)


Leshi adalah spesies gaib pelindung hutan. Dia sering muncul dengan wujud seorang pria berbadan tinggi memiliki rambut lebat yang digerai dari kepala hingga ke kakinya. Terkadang ia juga berubah wujud menjadi beruang, burung, tapi umumnya menjadi serigala, terkadang ia berubah wujud menjadi seorang teman bahkan sebuah jamur. Ketika Leshi muncul berwujud manusia, dia selalu memakai sepatu secara terbalik, dan matanya berkilau.


Dodo (Ghana)


Dodo adalah spesies gaib jantan yang suka merampok dalam cerita suku Hausa. Dia bersembunyi di pohon-pohon menunggu manusia-manusia yang tersesat di hutan. Dia bisa berubah menjadi wujud apapun, tapi lebih sering berwujud ular atau binatang yang memiliki penciuman tajam. Dia selalu lapar akan daging manusia.


Shedim (Yahudi)


Shedim adalah iblis berbulu dan bertanduk dalam mitologi Yahudi. Dikatakan dalam Talmud, mereka makan dan minum seperti manusia dan memiliki wujud juga seperti manusia, dan tapi dengan lidah panjang dan mulut lebar. Shedim dalam Bibel disebut sebagai ruh jahat yang menghuni hutan dan tempat-tempat tak berpenghuni.


Kitsune (Jepang)


Kistsune adalah siluman rubah yang suka merasuki dan berubah wujud jadi manusia. Faktanya, Kitsune jarang terlihat dengan wujud aslinya, tapi sering muncul dalam wujud seorang gadis cantik. Diceritakan Kitsune suka memotong rambut wanita secara diam-diam di malam hari untuk berubah wujud menjadi wanita itu.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers