Monday, May 26, 2014



Manat
 

Manat merupakan dewi takdir. Bangsa Yunani mengenalnya dengan sebuatan Nemesis. Dia disembah oleh suku Nabatea di wilayah mereka yang membentang di sebelah selatan Judea. Penyembahan terhadap Manat berlansung hingga kedatangan Islam. Pada tahun 630 M kuilnya dihancurkan dalam serangan dari Sa’d bin Zaid al-Asshalli. Kira-kira ketika penaklukkan kota Mekah oleh nabi Muhammad. Dia merupakan puteri dari El.
Iedud
 

Iedud adalah putera tungga El, Dewa Bapa. Cerita tentang Iedud sangat mirip dengan cerita mengenai Yesus. Tradisi seorang putera dikorbankan oleh Bapaknya merupakan tema umu dalam mitologi bangsa semit, contohnya Ibrahim dan Isak, El dan Shaddai. Pada kenyataanya, Iedud juga merupakan Yesus yang merupakan Tuhan yangpaling banyak disembah di era modern ini. Namun, dalam mitologi Kanaan peran Iedud sangatlah penting karena pengorbanannya menyelamatkan dunia.
Baalat
 

Baalat adalah pelindung kota Byblos, dan dewi kebijaksanaan dan pengetahuan. Beberapa julukannya adalah, Dewi Biblos, Sang Permaisuri, Kekasih Hathor. Dia disembah di Funisia. Pada akhirnya,  penyembahan terhadapnya digantikan dengan kultus kepada Dewi Mesir Hathor. Dia memiliki kuil suci di Gubla. Dia kebanyakan digambarkan mengenakan gaun Mesir.
Dagon
 

Dagon adalah dewa gandum dan dewa kesuburan. Julukanya adalah Penguasa Gandum. Dagon merupakan dewa semitik barat yang disembah oleh bangsa Kanaan dan Funisia. Pemujaan terhadapnya berakhir sekitar tahun 150 SM. Dagon disembah di Funisia, dan kultusnya berpusat di Mari, Gaza, dan Asdod. Dagon memilik perang yang sangat penting dalam mitologi Kanaan. Dia adalah ayah dari Dewa Baal.
Astarte
 

Astarte adalah dewi kesuburan. Julukannya adalah, Dewi Langit, Ashtart-Nama-Baal, Yang Kuat, Sang Ladang. Dia dipuja oleh bangsa Funisia sekitar tahun 1500 SM hingga 200 SM. Kultus terhadap Astarte berpusat dibeberapa tempat seperti Tyre, Sidon, Byblos, Askalon, Kartagia, Kition, Sisilia, dan Malto. Astarte memainkan perang yang penting dalam mitologi Kanaan.
Adonai
 

Adonai adalah dewa kesuburan dan dewa pertanian. Dia dijuluki dewa yang muda, tampan, dan musim semi. Nama Yunaninya adalah Adonis. Dia merupakan dewa semitik barat yang dipuja di Funisia. Dia disembah sekitaran tahun 200 SM hingga 400 M. Pemujaan terhadapnya sekitar tahun-tahun pertama invasi suku Jermanik ke Romawi. Kultusnya berpusat di Berytus dan Aphaca. Adonai dewa yang sangat terkenal dan penting dalm mitologi Kanaan.
Rahmaya
 

Rahmaya adalah dewa penyembuhan dan perawatan. Dia dijuluki yang pengasih. Rahmaya disembah di Funisia dan melahirkan dewa kembae Shachar dan Shalem.
Betylus
 

Betylus adalah dewa pelindung. Julukannya adalah Bait Tuhan, dan Penyokong Israel. Baelus merupakan dewa semitik barat yang di sembah di Funisia. Dia disembah selama era Neo-Babilonia 626 SM sampai 539 SM. Dia merupakan saudara El.
Asyerah
 

Asyera adalah Ratu para dewa. Dia merupakan dewi semitik barat yang sembah di Funisia sejak zaman purbakala hingga sekitaran 400 M. Asyera juga dewi bumi bangsa Kanaan, dijuluki pencipta para dewa. Dewa El, merupakan saudara dan suaminya.
El
 

El adalah raja para dewa Kanaan.  Dia disembah di Funisia dari tahun 2500 SM hingga 700 SM. Asyera merupakan istrinya. Ketika dia muda, EL pergi ke laut dan bertemu dengan Asyera. Dia memanggangkan untuknya burung dan menanyakan padanya apakah dia ingin menjadi istri atau puterinya. Dia memilih menjadi istrinya.  Dia berdiam di Hulu Dua Sungai di puncak gunung Lel. El adalah putera dari Langit dan Bumi. Langit dan Bumi merupakan anak dari Elyon ‘Yang Maha Tinggi’. El adalah saudara Bethel, Dagon, dan Adonai, Dewi Asyera dan Baalat.
Reactions:

2 comments:

  1. jgn kaitkan sgla sesuatu dgn agama apapun, yg ada bca berdasarkan literal lebih ke arah word bkn konteks pemakaian kata itu.
    kata mempunyai bnyk kesamaan dan arti kembali lg ke konteks aslinya. klo kmu bilang baal itu tuhan tanpa melihat konteks pst bisa tp krn baal sec konteks tdk untuk menyebut tuhan.

    ReplyDelete
  2. Memang terdapat kemiripan antara EL (sebutan umum Tuhan dlm Bhs Ibrani) atau ADONAI. Tapi yg sangat jelas dan tdk dapat diserupakan, ialah nama YAH WEH dan YAH SHUA dan RUACH haKODESH. Ketiga hakekat TUHAN dlm.ajaran Kristiani ini tdk memiliki kemiripan nama dg Dewa2 Bangsa Kanaan dan Arabia kuno. Nama ALLAH atau dlm.Bhs Ibrani "ELLOHIM" masih memiliki kemiripan dg nama2 Dewa Bangsa Kanaan. Oleh sebab itu, sering2 lah mempelajari Sejarah Etimologi Kata dan Kalimat.

    ReplyDelete

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers