Monday, May 26, 2014

Nikkal
 
Nikkal merupakan dewi sesembahan bangsa Ugarit, Kanaan, dan nantinya Funisia. Dia adalah dewi buah-buahan, yang namanya berarti “Dewi Agung Penguasa Buah”. Nikkal terkadang juga disebutkan sebagai puteri Dagon dari Tukkul, yang, juga seperti Nikkal merupakan Dewa kesuburan dan pertanian, khususnya Dewa gandum. Padananya pada bangsa Sumeria adalah dwei Ningal. Suaminya adalah Jerah, Dewa bulan, yang menyebabkan embun berjatuhan pada malam mataharu dan menyirami buah-buahannya agar mereka bisa tumbuh subur.
Jerah
 
    Jerah adalah dewa bulan. Dia juga dijuluki ‘Penerang Gemintang, ‘Pelita Langit’ dan ‘Penguasa sabit.’ Julukan terakhir ini kemungkinan berasal dari penampakan bulan sabit. Ejaan nama lainya adalah Yarikh, Jarah, Jorah, dan Yarkhibol di Funisia. Jerah adalah ayah darih Kotharat dan patron kota Qart-Abilim. Dia juga dikenal sebagai penyedia embun malam dan menikahi dewi Nikkal, tetesan embunnya menyebabkan buah-buahannya berbunga di gurun. Kota Jericho berasal dari namanya.
Marah


Marah adalah dewi air bangsa Kanaan. Dia merupakan puteri dari Ibu agung Athirat, dewi laut, dan saudari kembar dari Anat, dewi perang.
Anat


Anat adalah dewi asmara dan dewi perang. Dia juga dikenal dengan julukan puteri gunung, perawan Anat, dan permaisuri langit. Namanya juga dikenal dengan Antah dan Antit. Dia umumnya dipuja diderah Israel utara, Lebanon, Syria, dan Mesir. Kultus utama penyembahan terhadap Anat berpusat di kota kuno Ugarit. Dia dipuja selama kurun waktu 2000 SM hingga 200 M. Anat yang juga merupakan saudari Baal, biasanya digambarkan dengan arca atau lukisan telanjang dengan gambar menyolok pada payudara dan alat kelaminnya yang juga menggambarkan perananya sebagai dewi kesuburan.
Shalem


Shalem dikenal sebagai dewa bintang senja. Bintang senja adalah planet Venus yang tampak di ufuk barat ketika matahari terbenam. Dia juga dikenal dengan perenung siang dan yang tak tergoyahkan. Dia berkaitan dengan bintang senja dan berpasangan dengan Shahar yang berhubungan dengan bintang fajar. Dua dewa ini disebut denga “penguasa langit” dan merupakan padanan dari dewa yunani Castor dan Pollux. Namanya muncul di kata Yerusalem “fondasi shalem”, dan pada nama dua orang putera Daud, Absalom “Ayahnya adalah Shalem” dan Solomon “Kepunyaan Shalem”.
Kekasih Shalem adalah Shulmitu atau Shlmanitu merujuk kepada teks Assyria sebagi”Ishtar dari Yerusalem”. Dua nama ini dikatakan berkaitan erat dengan kisah dua pecinta dalam kitab kidung agung. Banyak yang meyakini bahwa kidung agung merupakan kisah yang disandarkan pada Solomon namun pada kenyataanya merupakan puisi cinta antara dua orang dewa Kanaan.

Shachar


Shachar dikenal sebagai dewa bintang fajar. Dia juga merupakan dewa perang dan dea fajar. Namanya disebutkan dalam Kitab Yesaya sebagai Bapa dari Helel, Pembawa Cahaya (Helel Ben Shachar). Tidak diketahui kapan dewa ini dipuja, namun yang jelas dia merupakan jajaran dari dew di kuil Ugarit kota ini ada selama kurun waktu 1450 SM sampai dengan 1200 SM.
Resheph


Reseph merupakan dewa perang dan dewa wabah. Reseph merupakan dewa yang berasal dari Syria dan disembah oleh orang Kanaan, Funisia, dan Mesir. Dewa Resheph sepadan dengan dewa Yunani Apollo. Di Sumeria dia dikenal dengan nama Nergal. Istrinya adalah Allat, dewi dunia bawah. Tidak diketahui kapan dia disembah namun dewa ini masuk ke mesir pada abad 16 SM. Penyembahana terhadapnya masih berlangsung di zama Helenia dimana dia juga disembah disamping Apollo.
Allatu


Allatu adalah dewi dunia bawah. Bangsa Sumeria menyebutnya dengan Ereshkigal, sepadan denga dewi Minerva dari Romawi. Dia disembah di Nabatea, Kartgea, Sumeria dan sekitar Funisia. Kapan tepatnya dia disembah tidak diketahui, namun kuilnya dihancurkan di Arab oleh Nabi Muhammad pada tahun 630 M.
El Shaddai


El Shaddai adalah dewa gunung. Dia juga dikenal dengan sebutan Ilah Ibrahim dan dewa gurun pasir. Dia juga dikenal sebgaia penghancur dan maha kuasa. Dewa ini disembah di kota Amorit Shaddai di Syria. Alkitab menyebutkan bahwa Ibrahim menyembah dan berbicara dengan dewa ini. Bukti menunjukkan bahwa Yahwe merupakan dewa kuno El Shaddai ini. Dewa ini berperang penting pada bangsa Israel kuno.
 Baca lanjutannya di sini
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers